Palestina Tanah yang Diberkahi Allah

Palestina Tanah yang Diberkahi Allah

Kota Yerussalem sumber foto @mistar-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam Islam, Tanah Syam yang kini merupakan Palestina merupakan tanah yang diberkahi Allah Subhanahu wa taala.

Sebagaimana diketahui, negeri atau kota lain yang juga diberkahi Allah Subhanahu wa taala adalah Makkah dan Madinah. Ada pula yang menambahkan dengan Syam (Suriah sekarang) dan Mesir.

Dalam Al-Quran, Allah Subhanahu wa taala menyebut Masjid Al-Aqsa dalam Surat Al-Isra ayat 1 sebagai berikut, 

 

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

 

Artinya : "Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjid Al-Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. Al Isra ayat 1) 

Bahkan para ulama berkata, andaikan tidak ada keutamaan lain untuk Masjid Al Aqsa selain ayat ini, maka hal itu sudah cukup.

Ibnu Abbas menyebutkan, yang dimaksud dengan ‘Kami berkahi sekelilingnya’ dalam surat Al Isra ayat 1 itu adalah bumi Palestina dan Urdun (Yordania).

BACA JUGA:

Abul Qasim As Suhaily menyebutkan, bumi yang diberkahi tersebut adalah Syam yang meliputi Yordania, Suriah, Lebanon, dan Palestina.

Imam Asy-Syaukany menjelaskan bahwa negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya adalah negeri Syam (Yordania, Suriah, Lebanon, Palestina) dan Mesir

 

Allah Subhanahu wa taala juga berfirman dalam surah yang lain,

Sumber: