Mengenal Apa itu Zat Besi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 Mengenal Apa itu Zat Besi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

CE Mengenal Apa itu Zat Besi dan Manfaatnya untuk Kesehatan-ist-

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Zat besi merupakan mineral penting yang ditemukan dalam banyak makanan yang kita makan setiap hari, termasuk daging, unggas, dan ikan. Hal ini juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

 

Berikut manfaat zat besi bagi kesehatan

 

1. Mencegah anemia

Salah satu manfaat utama zat besi adalah mencegah anemia. Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, yang dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan kekurangan energi. Zat besi berkontribusi pada pembentukan sel darah merah yang sehat.

BACA JUGA: Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi untuk Tubuh

2. Menjaga kesehatan otak

Zat besi juga berperan dalam menjaga kesehatan otak. Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan menyebabkan masalah konsentrasi dan daya ingat yang buruk.

 

3. Meningkatkan energi

Zat besi berperan penting dalam metabolisme sel. Hal ini membantu tubuh kita menghasilkan energi lebih efisien, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan kurangnya daya tahan tubuh.

 

4. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Sumber: