Nutrisi yang Baik untuk Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

 Nutrisi yang Baik untuk Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

ilustrasi vitamin-ist-

HEALT, CURUPEKSPRESS.COM - Tulang adalah fondasi tubuh kita. Kesehatan tulang merupakan bagian penting dari kesehatan kita secara keseluruhan. Dan untuk menjaga tulang tetap kuat, nutrisi yang tepat sangatlah penting. Tulang memberikan struktur, melindungi organ vital, dan memungkinkan kita bergerak.

Jadi bagaimana kita bisa memastikan tulang kita tetap kuat dan sehat sepanjang hidup?

BACA JUGA:Cocok Buat Tulang, Lima Jenis Buah Ini Kaya Kalsium dan Vitamin

Kalsium

Kalsium adalah bahan dasar tulang yang kuat. Ini memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Produk susu seperti susu, yogurt dan keju merupakan sumber kalsium yang baik. Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan kangkung, serta ikan berminyak seperti salmon.

 

Vitamin D

Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang efektif. Paparan sinar matahari adalah cara alami untuk mendapatkan vitamin D, namun jika tinggal di daerah yang kurang terkena sinar matahari, suplemen vitamin D mungkin diperlukan. Makanan seperti telur dan ikan berminyak juga mengandung vitamin D.

 

Protein

Protein tidak hanya penting untuk pertumbuhan otot tetapi juga untuk pertumbuhan dan perbaikan tulang . Sumber makanan kaya protein seperti daging, unggas, ikan, dan kacang-kacangan merupakan pilihan yang baik.

BACA JUGA:Berbahayakah Minum Vitamin di Kondisi Perut Kosong?

Magnesium

Magnesium membantu menjaga struktur tulang dan berperan dalam reaksi kimia yang terlibat dalam pembentukan tulang. Makanan kaya magnesium antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

Sumber: