Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI/Seseorang Mengalami Cegukan.--

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Cegukan adalah fenomena umum namun terkadang mengganggu. Meski biasanya bukan masalah serius, cegukan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita merasa tidak nyaman. Ada beberapa penyebab mendasar dan cara berbeda untuk mengatasi masalah ini.

Apa penyebab cegukan?


1. Iritasi diafragma:


 Jika diafragma, otot antara dada dan perut, teriritasi, dapat menyebabkan kontraksi tiba-tiba yang menyebabkan cegukan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari makan atau minum terlalu cepat hingga mengonsumsi makanan pedas atau berlemak yang menimbulkan reaksi pada tubuh.

BACA JUGA:



2. Stimulasi frenikus:


 Saraf frenikus yang mengontrol pergerakan diafragma mungkin terpengaruh atau teriritasi. Hal ini bisa terjadi karena perut Anda terlalu kenyang, karena Anda minum alkohol, atau bahkan saat Anda terlalu terpapar emosi seperti kecemasan atau stres.

3. Perubahan suhu:


Perubahan suhu tubuh yang cepat atau ekstrem dapat menyebabkan cegukan pada sebagian orang.
BACA JUGA:


Cara mengatasi cegukan


1. Minum air secara perlahan:


 Minum air secara perlahan membantu mengendurkan diafragma. Tindakan ini dapat membantu menghentikan cegukan.

2. Teknik pernapasan:


Mempraktikkan teknik pernapasan dalam atau menggunakan kantong kertas untuk bernapas dalam-dalam dapat membantu Anda memulai kembali pernapasan dan menghentikan cegukan.

BACA JUGA:



3. Mengonsumsi gula:


Mengunyah atau menelan sedikit gula dapat merangsang saraf vagus yang berperan menghentikan cegukan.

4. Tarik lutut ke arah dada:


Duduk dan coba tarik lutut ke arah dada, peluk sejenak. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada diafragma.

BACA JUGA:



5. Menarik Distractions :


 Terkadang cegukan bisa disebabkan oleh stres atau kecemasan. Mengalihkan perhatian Anda dari cegukan dengan melakukan aktivitas santai atau berfokus pada hal lain dapat membantu.

6. Pijat pada area tertentu:


 Menekan atau memijat area tertentu seperti sela-sela tulang belikat atau bagian belakang leher dapat membantu mengurangi cegukan.

Jika cegukan terus berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk menyingkirkan masalah kesehatan yang mendasarinya.

Meskipun cegukan sering terjadi, cegukan biasanya bukan masalah serius. Namun, jika cegukan berlangsung lama atau disertai gejala tambahan yang mengkhawatirkan, konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut.

Sumber: