Benarkah Rosemary Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Memberikan Banyak Khasiat, Berikut Penjelasannya!

Benarkah Rosemary Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Memberikan Banyak Khasiat, Berikut Penjelasannya!

Rosemary-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL,CURUPEKSPRESS.COM - Pernahkah kalian mendengar nama tanaman rosemary? mungkin ditelinga sejumlah pembaca sudah mengetahui apa itu rosemary. Namun perlu diketahui, rosemary ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan otak manusia. 

 

Rosemary adalah salah satu tanaman herbal populer yang berasal dari wilayah Mediterania. Selain untuk obat, daun rosemary juga banyak digunakan dalam beragam hidangan.

BACA JUGA:

 

Tak hanya itu, rosemary juga digunakan untuk keperluan hias karena daun dan bunganya yang seperti jarum. Bunga rosemary berwarna ungu, perak, merah muda, biru, dan putih, tergantung varietasnya.

 

Berikut khasiat yang dihasilkan dari rosemary :

 

 

1. Meningkatkan fungsi otak

 

Rosemary dapat meningkatkan memori otak, kecerdasan, fokus, dan kewaspadaan. Hal ini pun terbukti dalam penelitian.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa tanaman herbal seperti sage, lemon balm, dan rosemary sangat manjur dan memiliki sifat meningkatkan kognisi.

 

Selain itu, minyak esensial rosemary membuat seseorang waspada dan meningkatkan suasana hati. Eksperimen yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa teh rosemary bertindak sebagai antidepresan dan mengurangi kecemasan.

 

Satu studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Northumbria menyimpulkan bahwa aroma rosemary dapat membantu daya ingat anak-anak.

BACA JUGA:

 

2. Kaya antioksidan

 

Rosemary adalah sumber senyawa kaya antioksidan yang baik dan dengan demikian menetralkan radikal bebas dan sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

 

Antioksidan sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas. Tidak hanya itu, antioksidan juga meningkatkan sirkulasi darah dan memperlambat penuaan.

 

 

3. Mendorong pertumbuhan rambut

 

Bagi Anda yang mengalami kebotakan, senyawa yang terkandung di dalam minyak rosemary dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut.

 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak rosemary dengan cara dioleskan pada kulit kepala dua kali sehari selama enam bulan mampu menebalkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Efektivitas minyak rosemary bahkan hampir serupa dengan obat penumbuh rambut minoxidil.

BACA JUGA:

 

4. Menjaga kesehatan mata

 

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak rosemary dapat memelihara kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya penyakit mata akibat penuaan, misalnya degenerasi makula.

 

Selain itu, kandungan antioksidan asam rosmarinik dalam rosemary juga diduga dapat mencegah penyakit katarak dan menghambat perkembangannya agar tidak menjadi katarak yang berat.

 

 

5. Memperbaiki suasana hati

 

Beberapa studi menyatakan bahwa rosemary dapat memberikan efek relaksasi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, serta meredakan stres dan rasa cemas. Manfaat rosemary ini bisa diperoleh dari penggunaan rosemary sebagai teh herbal atau aromaterapi.

BACA JUGA:

 

=> Efek samping Rosemary

 

Selain menjadi obat herbal, ternyata tanaman ini juga memiliki efek samping. Suplemen atau teh herbal rosemary sebaiknya tidak dikonsumsi apabila Anda memiliki alergi terhadap obat aspirin. Hal ini karena rosemary mengandung zat kimia salisilat yang memiliki struktur kimia dan efek menyerupai aspirin.

BACA JUGA:

Jika Anda memiliki alergi rosemary, penggunaan rosemary dapat menimbulkan berbagai gejala alergi, seperti:

 

1. Gatal-gatal pada kulit

2. Hidung meler

3. Gangguan pencernaan

4. Mata merah

5. Pembengkakan pada bibir, lidah, atau wajah

6. Batuk dan sesak napas

 

Selain itu, rosemary juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pembekuan darah dan riwayat kejang.

Sumber: