Melalui Sejumlah Program, Kopi Kepahiang Ditargetkan Go Internasional

Melalui Sejumlah Program, Kopi Kepahiang Ditargetkan Go Internasional

--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Provinsi Bengkulu. Tentu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang juga menginginkan, produk kopi yang dimilikinya berkualitas dan banyak setiap panen.

 

Bahkan tak tanggung- tanggung, Pemkab Kepahiang juga menargetkan kopi asal Kepahiang bisa go Internasional, melalui sejumlah program yang tengah digalakkan.

 

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU menjelaskan, sejumlah program yang digadang-gadang bisa menaikkan nama kopi Kepahiang hingga dikenal mancanegara. Antara lain seperti program kopi sambung, demplot kopi robusta, sekolah kopi, dan juga sejumlah program lainnya yang tengah diwacanakan.

BACA JUGA:

 

"Kita menargetkan, agar kopi Kepahiang ini bisa go nasional bahkan go internasional. Karena itu selain program kopi sambung, dan demplot kopi, program sekolah kopi ini juga harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan dapat berjalan maksimal," sampai bupati.

 

Bahkan setelah program awal penerapan perkebunan kopi percontohan di Kabupaten Kepahiang sukses dilaksanakan pada Selasa (26/9) lalu, tambah bupati. Pemkab Kepahiang juga nampaknya semakin serius untuk mengambil langkah lebih lanjut terhadap peningkatan mutu kopi di Kabupaten Kepahiang.

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Kepahiang menargetkan, Kabupaten Kepahiang juga bisa menjadi penghasil kopi berkualitas di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:

 

"Seluruh jajaran Pemkab Kepahiang yang terkait, termasuk para petani harus lebih serius lagi dalam meningkatkan mutu dan kualitas hasil panen kopi yang ada di Kepahiang. Karena dengan langkah awal membuat program perkebunan kopi percontohan ini. Bisa menjadi langkah awal juga untuk para petani di Kepahiang belajar lebih banyak soal menanam kopi yang baik," ungkapnya.

 

Bupati juga mengatakan, untuk mewujudkan hal itu. Pemkab Kepahiang juga akan membantu menyiapkan sarana yang dibutuhkan. Baik itu upaya penyiapan lahan dengan bekerjasama dengan masyarakat. Dan juga upaya lainnya yang bisa membantu perkembangan kopi berkualitas yang di tanam di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:

 

"Tentu kita juga selaku pemerintah daerah akan terus memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor kopi ini. Karena seperti yang kita ketahui, mayoritas masyarakat di Kepahiang ini adalah seorang petani, terlebih lagi petani kopi," sampai bupati.

 

Selain itu bupati juga berharap, agar kedepannya pertumbuhan kopi yang merupakan pekerjaan mayoritas masyarakat di Kabupaten Kepahiang ini. Bisa menjadi sumber yang sangat menghasilkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dimana ditargetkan, kedepannya penanaman kopi di perkebunan percontohan akan terus diperluas di Kabupaten Kepahiang, hingga ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepahiang.

 

"Sebisa mungkin kita maksimalkan, penanaman kopi robusta berkualitas ini bisa dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di Kepahiang. Dengan demikian nantinya, Kabupaten Kepahiang bisa semakin berkembang pada sektor kopi," tandasnya.

Sumber: