5 Tempat Misterius yang Ada Dalam Al-Quran dan Hadits

5 Tempat Misterius yang Ada Dalam Al-Quran dan Hadits

ILUSTRASI/NET--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Bumi yang saat ini kita huni dan kita pijak terdiri dari daratan dan lautan yang terbentang sangat luas. Berdasarkan penelitian para ahli, bumi ini diperkirakan memiliki luas sekitar 500 juta kilometer persegi.

Dengan rincian 70 persennya adalah lautan (air) dan 30 persen sisanya adalah daratan yang luasnya hanya sekitar 149 juta km persegi.Di alam semesta ini ada sejumlah tempat misterius. Keberadaannya pun masih menjadi rahasia.

Walaupun ilmu sains tidak dapat menjelaskannya, akan tetapi beberapa ajaran agama mempercayai keberadaan tempat-tempat misterius tersebut. Seperti agama Islam dan Yahudi.

Namun sahabat Curup Ekspress, tahukah kamu?

Ternyata di Bumi yang kita pijak sekarang, itu ada beberapa tempat yang dinyatakam misterius keberadaannya. Tempat-tempat tersebut dibocorkan dalam Al-Quran dan melalui Sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam. 

BACA JUGA:

Lantas apa saja tempat-temlat misterius yang dimaksud? Simak penjelasana artikel ini sampai tuntas.

 

1. Jabal Qaf

 

Ada sebuah gunung bernama Jabal Qaf. Dkisahkann gunung ini pernah disabdakan oleh Nabi Muhammad ketika sahabat beliau yang bernama Abdullah Ibn salam tengah bertanya kepada Nabi dengan pertanyaan:

"Ya Rasulullah, dengan apa bumi ini bisa tenang?

Nabi bersabda, "dengan beberapa gunung"

Kemudian Abdullah Ibn Salam melanjutkan bertanya, 

"Lalu dengan apa gunung-gunung itu dikokohkan?"

Nabi pun kembali bersabda, "dengan gunung Qaf yang terbuat dari batu zamrud hijau dan birunya langit".

Kemudian para ahli tafsir mengatakan, bahwasanya gunung Qaf merupakan induk semua gunung yang ada di dunia ini. Ada beberapa pendapat mengenai keberadaan gunung Qaf ini.

Raja Zulkarnain pernah naik ke gunung ini. Namun, mengenai letaknya ada diantara Yordania dan Arab Saudi. Namun, ada juga berpendapat lain mengatakan letaknya ada di daerah Yaman.

Selain itu, ada yang menyebut gunung Qaf berada di suatu daerah sebelum Persia dekat tembok Yakjuj dan Makjuj.

BACA JUGA:

2. Istana Nabi Sulaiman Alaihisalam

 

Nabi Sulaiman memiliki kerajaan yang sangat besar dan megah, harta yang melimpah ruah membuatnya dinobatkan sebagai manusia paling kaya yang pernah ada di bumi.

Kerajaan Nabi Sulaiman dibangun dengan menerapkan ilmu teknologi maju pada masanya. Istana Nabi Sulaiman dikenal sebagai Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman).

Berdasarkan keterangan yang ada di ayat-ayat Al-Quran Surat An-Naml ayat 44, serta kisah-kisah dalam kitab suci Yahudi dan Nasrani, Temple of Solomon sangatlah megah.

Sehingga siapapun yang datang dipastikan akan terkesima dengan segala kemewahan yang ada di dalamnya.

Sepeninggalnya Sulaiman istana itu hancur, namun hancurnya istana Sulaiman itu bukan karena runtuh, tetapi diruntuhkan oleh orang-orang Yahudi yang sombong dan angkuh. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 4-7.

Konon katanya, kuil Sulaiman terletak di sebelah selatan Dome of the Rock, yaitu masjid yang dibangun oleh Khalifah Al-Walid dari Dinasti Umayyah. 

BACA JUGA:

3. Tembok Yakjuj dan Makjuj

 

Dalam Al-Quran tepatnya Surah Al-Kahf ayat 94-98 berbicara tentang Ya'juj dan Ma'juj, dua bangsa yang dikurung oleh Allah Subhanahu wa taala dengan tembok dan gerbang besi.

Mereka akan dilepaskan pada akhir zaman dan menyebabkan kekacauan di bumi.

Adapun dimana lokasi pasti penjara mereka belum dinyatakan dengan jelas, tetapi banyak para penafsir meyakini bahwa mereka ada di suatu tempat yang hanya Allah saja yang mengetahuinya.

BACA JUGA:Ini Janji Para Malaikat Kepada Nabi Muhammad, Bagi Umatnya yang Rajin Bersholawat

4. Pulau Dajjal

 

Kemunculan Dajjal merupakan salah satu dari 10 tanda kiamat kubra dalam ajaran agama Islam. Apabila dajjal telah muncul, maka dunia berada di ambang kehancuran besar.

Dajjal dipenjarakan oleh Allah Subhanahu wa taala di sebuah pulau misterius yang dijaga oleh sebuah binatang yang bisa berbicara yang bernama Al-Jassasah.

Ada sebuah Hadist yang membahas tentang pulau ini, namun Nabi Muhammad tidak menjelaskan secara rinci lokasi persisinya ada di mana.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah pernah menjelaskan, "Dajjal akan keluar dari perkampungan Yahudi Ashbahan, bersamanya ada 70 ribu orang Yahudi." (HR. Annas RA) 

"Dajjal akan keluar dari bumi di arah timur yang dinamakan dengan khurasan," HR. Abu Bakar Ash Siddiq RA.

Dari kedua hadis tersebut berarti dajjal akan keluar dari arah bumi timur dan tak jauh dari daerah yang bernama Khurasan.

BACA JUGA:4 Kelompok Wanita yang Bebas Masuk Surga Lewat Pintu Mana Saja, Jadilah Salah Satunya

5. Ainul Hayat

 

Kisah Ainul Hayat sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya, Ainul Hayat ini kisahnya termasuk di dalam kisah sejarah Islam. Telaga Ainul Hayat konon merupakan air keabadian.

Di dalam Al-Quran sendiri terdapat penjelasan mengenai keberadaan telaga Ainul Hayat. Anggapan sebagai air keabadian, sebab barangsiapa yang meminum seteguk air saja, maka hidupnya bakal abadi.

Kisah mengenai telaga Ainul Hayat erat hubungannya dengan kisah Raja Dzulkarnain dan penasihatnya Nabi Khidir AS.

Ada sebuah hadist yang menceritakan sebuah percakapan Raja Zulkarnain dengan malaikat Allah. 

Dalam hadist itu disebutkan jika ada sebuah telaga yang jika meminum airnya akan membuat seseorang tidak mati kecuali pada hari kiamat.

BACA JUGA:

Raja Zulkarnain dan penasihatnya Nabi Khidir AS pernah mencari telaga Ainul Hayat ini untuk meminum airnya.

Sehingga dirinya memiliki umur yang panjang untuk beribadah kepada Allah.

Raja Zulkarnain dan penasihatnya Nabi Khidir AS menemukan tempat Ainul Hayat yaitu ditempat terbitnya matahari.

Disebutkan juga bahwa Ainul Hayat merupakan tempat yang gelap, dikarenakan oleh adanya asap tebal atau kabut yang menyelimuti wilayah itu.

 

Dapat disimpulkan, bahwa kesimpulannya, tempat-tempat misterius dalam Al-Quran ini masih menjadi teka-teki yang belum terpecahkan.

Meskipun ada spekulasi dan interpretasi, lokasi pasti dan rincian mengenai tempat-tempat ini masih menjadi misteri yang menarik minat banyak orang.

Keberadaan tempat-tempat ini menjadi bagian dari warisan spiritual dan pengetahuan dalam Islam, mendorong kita untuk terus merenung dan mengagumi kebesaran ciptaan Allah Subhanahu wa Taala. 

Sumber: