Ini Janji Para Malaikat Kepada Nabi Muhammad, Bagi Umatnya yang Rajin Bersholawat

Ini Janji Para Malaikat Kepada Nabi Muhammad, Bagi Umatnya yang Rajin Bersholawat

ILUSTRASI/NET--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Membaca sholawat merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat baik dikerjakan setiap saat dan kapan saja.

Ada begitu banyak keutamaan bagi mereka yang gemar membaca sholawat, sebagaimana tercantum dalam sebuah hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Imam An-Nasa’i, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar.

Artinya : "Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah Subhanahu wa taala akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan."

BACA JUGA:

Sangking dahsyatnya kebaikan dan keutamaan sholawat kepada Nabi, para malaikat pun sampai berjanji kepada Nabi Muhammad akan mengistimewakan orang-orang yang gemar bersholawat. 

Sahabat Curup Ekspress, lalu malaikat siapa saja yang berjanji kepada Nabi Muhammad akan sholawat tersebut?

Mari simak terus pembahasan dalam artikel ini hingga selesai

 

1. Malaikat Jibril

 

Malaikat Jibril pernah berjanji kepada Nabi Muhammad : "wahai Rasulullah, barang siapa yang membaca sholawat kepadamu setiap hari sebanyak 10x, maka akan ku bimbing tangannya dan akan aku bawa dia melintasi Titian Shirot Mustaqim seperti kilat menyambar".

BACA JUGA:

2. Malaikat Mikail

 

Janji Malaikat Mikail kepada Nabi " Mereka yang bersholawat kepadamu akan aku beri mereka minum dari telaga mu".

 

3. Malaikat Israfil

 

"Mereka yang bersholawat kepadamu, aku akan sujud kepada Allah dan aku tidak akan mengangkat kepalaku sehingga Allah Subhanahu wa taala mengampuni dosa-dosa orang tersebut".

 

4. Malaikat Izrail

 

"Bagi mereka yang rajin bersholawat kepadamu akan aku cabut ruh mereka dengan lembut, seperti aku mencabut ruhnya para Nabi dan Rasul".

BACA JUGA:

Ada banyak bacaan sholawat yang bisa dipraktekkan. Adapun bacaan sholawat yang bisa kita baca dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :

 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

 

"Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad."

 

Artinya : Ya Allah berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

 

BACA JUGA:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

 

"Allāhumma shalli ‘ala Muhammad ‘abdika wa rasulika an-nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim".

 

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi.

BACA JUGA:

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

 

"Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammadin, kamaa shallaita’alaa Ibrahiim wa’alaa aali Ibrahiima, wabaarik’alaa Muhammadin wa’alaa aali Muhammadin, kama baarakta’alaa Ibraahim wa’alaa aali Ibrahiima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid".

 

Artinya : Ya Allah, limpahkan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya.

 

Demikianlah pembahasan mengenai janji para malaikat kepada Nabi Muhammad bagi mereka (orang-orang) yang gemar bersholawat dan keutamaan yang didapat. 

Sumber: