5 OPD dan 2 Puskesmas Raih Penghargaan Ombudsman

5 OPD dan 2 Puskesmas Raih Penghargaan Ombudsman

Penyerahan piagam perhargaan Ombudsman kepada Bupati RL.-IST/CE-

HOTNEWS,CURUPEKSPRESS.COM - Sedikitnya ada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dua puskesmas di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong berhasil meraih penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Pjs Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bengkulu, Jaka Andhika yang diwawancara CE mengatakan, penghargaan yang baru saja diberikan kepada Pemkab Rejang Lebong tersebut yakni terkait kepatuhan dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023.

"Sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) nomor 25 tahun 2009, kami Ombudsman memberikan penilaian terhadap OPD-OPD yanh ada di kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu terkait penyelenggaraan pelayanan publik," jelasnya.

Ia melanjutkan, Ombudsman sendiri telah menjalankan fungsi dan amanat UU tersebut sejak tahun 2015. Untuk di Kabupaten Rejang Lebong, kata dia, ada 5 OPD dan 2 puskesmas.

BACA JUGA: Mobil Ambulance Puskesmas Lebong Masuk Jurang, Satu Korban Meninggal Dunia

BACA JUGA: Anggaran Rp 4 Miliar, Gedung Baru Puskesmas Rusak Lagi, Mungkinkah ?

 

Dimana kelima OPD dan dua puskesmas tersebut masuk zona hijau dan termasuk kategori kualitas nilai tertinggi.

"Semuanya mendapat nilai dengan kualitas tertinggi dan masuk zona hijau," bebernya.

Adapun OPD dimaksud, sebut dia, Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan nilai 80,03, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dengan nilai 85,21, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan nilai 89,33, Dinas Sosial (Dinsos) dengan nilai 89,67, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan nilai 90,49, Puskesmas Perumnas dengan nilai 93,70 dan Puskesmas Curup dengan nilai 94,52.

"Nilai total keseluruhan untuk Pemkab Rejang Lebong sebesar 88,99 masuk zona hijau," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, dalam penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023, Pemkab Rejang Lebong mengalami kenaikan alias peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2022 dan tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Pemkab Lebong Usulkan 13 Puskesmas Berubah Status jadi BLUD

BACA JUGA:PPPK Nakes Banyak Dialokasikan Ke Puskesmas Bermani Ulu

Sumber: