Efek Samping Sering Minum Kopi Hitam Tanpa Gula yang Perlu Anda Ketahui

Efek Samping Sering Minum Kopi Hitam Tanpa Gula yang Perlu Anda Ketahui

Segelas kopi hitam. -red/ce-

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Kopi hitam tanpa gula adalah minuman yang populer di seluruh dunia, disukai karena rasa pahitnya yang khas dan kafein yang memberikan dorongan energi.

Meskipun minum kopi secara moderat telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan fungsi otak, terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam tanpa gula juga dapat memiliki efek samping yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat sering minum kopi hitam tanpa gula:

 

1. Gangguan Tidur

Kafein dalam kopi adalah stimulan yang dapat mengganggu pola tidur Anda jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau terlalu dekat dengan waktu tidur.

Minum kopi hitam tanpa gula terlalu banyak, terutama di malam hari, dapat menyebabkan sulit tidur, insomnia, atau tidur yang tidak nyenyak.

BACA JUGA:Inilah Efek Samping Jika Terlalu Banyak Makan Durian

BACA JUGA:6 Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Mengatasinya

 

2. Penyakit Lambung

Kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit maag, refluks asam, atau iritasi lambung.

Jika Anda memiliki riwayat masalah pencernaan, minum kopi hitam tanpa gula secara berlebihan dapat memperburuk kondisi tersebut.

 

Sumber: