Jumlah Hewan Qurban 1.232 Ekor

Jumlah Hewan Qurban 1.232 Ekor

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pada hari Idul Adha 1433 tahun ini. Jumlah hewan kurban yang akan dipotong di Rejang Lebong sebanyak 1.232 ekor.

Jumlah tersebut berdasarkan data yang dimiliki pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

BACA JUGA : Pasal Habisi Nyawa Tetangga, ABG Terancam 15 Tahun Penjara 

Dikatakan Kepala Kantor (Kakan) Kemenag RL Dr H Nopian Gustari S Pd I M Pd I melalui Kasi bimas Islam Drs H Akhmad Hafizuddin MH I, jumlah hewan yang akan di qurbankan saat ini bisa dikatakan menurun.

Hal ini diakuinya disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor ekonomi akibat dampak dari wabah covid-19.

BACA JUGA : Tragis! 2 Petani Tewas di Pondok 

"Memang saat ini wabah covid-19 sudah mulai menurun, akan tetapi dampak yang diterima masyarakat cukup besar. Sehingga ekonomi masyarakat kita juga saat ini menurun drastis dibanding sebelumnya. Dan untuk penurunan jumlah kurban juga tidak terlalu jauh, hanya selisih sekitar puluhan ekor saja," ujar Hafiz.

Diterangkannya dari 1.232 ekor hewan qurban tersebut terbagi menjadi 3 jenis, yakni kerbau sebanyak 7 ekor, sapi sebanyak 592 ekor, dan juga kambing sebanyak 633 ekor.

BACA JUGA : Rumah Pelaku Arisan Bodong Disegel Warga! 

"Untuk jumlah hewan yang akan diqurbankan memang paling banyak adalah kambing, akan tetapi jumlah sapi yang dikurbankan juga jumlahnya tidak berbeda jauh dengan kambing," ucapnya.

Selain itu masih dikatakan hafiz, jumlah tersebut merupakan hasil final dari rekapan yang dikirim oleh semua Kantor Urusan Agama (KUA) di kabupaten RL.

BACA JUGA : 46 Personel Polres RL Naik Pangkat

Namun tidak menutup kemungkinan jumlah kurban juga dapat bertambah menjelang pelaksanaan Idul Adha nanti.

"Itu sudah merupakan perekapan final yang kami terima. Dan tidak termasuk dengan masyarakat yang memotong qurban secara pribadi ataupun kelompok yang tidak melapor ke KUA. Namun jika ada ada masyarakat yang ingin berqurban dan melapor ke KUA, maka data hewan qurban juga di RL akan bertambah," sampainya.

BACA JUGA : 17.479 Anak Sudah Terima Imunisasi MR 

Disamping itu, berkenaan dengan menurunnya jumlah hewan qurban pada tahun ini, sambung Hafiz, tahun selanjutnya Hafiz berharap agar jumlah qurban meningkat lagi.

Oleh karena itu pada tahun selanjutnya, pihaknya akan gencar lagi untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar ikut melaksanakan qurban.

"Untuk melaksanakan kurban, banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat, salah satunya adalah arisan qurban sejak dini. Untuk itu kami akan mulai gencar lagi mengajak masyarakat melaksanakan qurban melalui arisan bersama," tukasnya.

Sumber: