ATR BPN Segera Lantik 3 Panitia Ajudikasi

ATR BPN Segera Lantik 3 Panitia Ajudikasi

DOK/CE Kepala Kantor (Kakan) ATR BPN Kabupaten RL, Jamaluddin--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Kabupaten Rejang Lebong dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pelantikan panitia ajudikasi sebanyak 3 orang.

BACA JUGA :  Peringatan HUT RI ke 77, Kepahiang Tanpa Kegiatan & Perlombaan 

Ini dikatakan Kepala Kantor (Kakan) ATR BPN Kabupaten RL, Jamaluddin melalui Kasubag Tata Usaha, Ridha Noprananda. Disampaikannya kegiatan itu akan dilaksanakan pada Senin (8/8) mendatang dan bertempat di kantor pertanahan Kabupaten RL.

BACA JUGA :  Hari Pertama Pemutihan Pajak, Warga Antusias ikuti Program 

"Pekan depan 3 orang panitia ajudikasi akan kami lantik beserta sumpahnya," katanya.

Adapun ketiga orang tersebut, kata Ridha, diantaranya 2 orang anggota satgas ajudikasi dan 1 orang lagi wakil ketua satgas fisik dalam kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun anggaran 2022.

BACA JUGA :  KPU RL Coret 193 Pemilih! 

"Salah satu anggota satgas ajudikasi itu adalah Kepala Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang," ucapnya.

Kemudian dasar dilantiknya panitia ajudikasi yang baru ini, terang Ridha, terdapat sebuah serat keterangan (SK). Dikarenakan ada perubahan SK dari panitia ajudikasi yang lama, sehingga harus dilantik panitia ajudikasi yang baru.

BACA JUGA :  48 CH Ajukan Tarik Pendaftaran 

Panitia ajudikasi memiliki peran penting dalam penyelenggaraan kegiatan PTSL. Sambungnya, dimana mereka mempunyai tugas investigasi yaitu meneliti dan mencari kebenaran formal bukti kepemilikan hak atas tanah, yakni data-data yuridis awal yang dimiliki pemegang hak atas tanah.

BACA JUGA :  IAIN Curup Wacanakan Buka PMB Gelombang II 

Lanjutnya, tidak hanya ditujukan dalam pelaksanaan PTSL saja, namun panitia ini diarahkan untuk mempercepat penyelesaian proyek pendaftaran tanah yang dilakukan oleh pemerintah.

"Dengan adanya tim ajudikasi ini diharapkan pelaksanaan PTSL dapat segera tercapai. Target seluruh bidang tanah terpetakan dan terwujud sesuai target yang ditetapkan," pungkasnya.

 

Sumber: