Dinsos Pastikan KBS Tepat Sasaran

Dinsos Pastikan KBS Tepat Sasaran

CE ONLINE - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu memastikan program Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) bidang sosial nantinya tepat sasaran. Maka dari itu, Kepala Dinsos Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO menyatakan bahwa pihaknya akan benar-benar mendata penerima manfaat KBS ini yang tersebar di wilayah kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu.
"KBS bidang sosial yang diketahui tertuang dalam 18 program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, mulai direalisasikan pada tahun anggaran 2022 mendatang. Pendataan dilakukan agar dalam perealisasian program tersebut menjadi tepat sasaran," ungkapnya.

Dikatakan Iskandar, terkait perealisasian program itu, pihaknya sebelumnya memang sudah dipanggil oleh DPRD Provinsi melalui Komisi IV. Tetapi karena data untuk penerima manfaat-nya sedang dilaksanakan, sehingga pokok pembahasan lebih menitik beratkan kriteria-kriteria masyarakat yang menerima program KBS bidang sosial ini.
"Karena program KBS baru, jadi untuk penerima manfaat tidak sama dengan program jaminan sosial yang selama ini telah berjalan. Artinya penerima manfaatnya, tidak bagi masyarakat yang sudah di jamin dalam program, seperti PKH dan BPNT, melainkan baru," ujarnya.

Lebih jauh ia menyebutkan, mengingat tidak dipungkiri masih banyak masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan belum tersentuh program pemerintah. Makanya Pemprov hadir menutupi melalui program KBS untuk memberikan jaminan sosial.

Sementara itu, saat ditanya ketersediaan anggaran untuk melaksanakan program KBS bidang sosial, ia mengaku, belum mengetahuinya, karena masalah anggaran berada di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Bengkulu.

Tetapi dipastikan pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.
"Kita bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota melalui dinas teknis, konsen dulu menyiapkan data-data penerima manfaatnya. Setelah selesai, datanya diberikan kepada TAPD untuk menyiapkan anggaran dananya," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: