Deteksi Virus Covid Varian Baru, Dinkes Aktif Kirim Sampel ke Litbangkes

Deteksi Virus Covid Varian Baru, Dinkes Aktif Kirim Sampel ke Litbangkes

CE ONLINE- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, saat ini sedang melakukan pencegahan dan pendeteksian agar virus Covid-19 varian baru tidak masuk ke wilayah Indonesia khususnya Provinsi Bengkulu.Virus varian baru corona ini disebut Mu atau juga dikenal sebagai B.1.621
Disampaikan Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni S.KM M.Kes saat ini pihaknya telah mengambil sejumlah sampel dari beberapa pasien yang menderita Covid-19.

Untuk dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan pendeteksian varian Mu.
"Kita sudah mengirimkan beberapa sampel ke Litbangkes, kita diminta pada setiap minggunya menyampaikan 5-10 sampel untuk mendeteksi varian Mu," ungkapnya.

Diketahui bahwa pandemi Covid-19 masih terjadi di sejumlah wilayah dan beberapa bagian negara di dunia. Diamana dikabarkan bahwa virus corona varian baru ini berpotensi lebih berbahaya dari varian virus corona lainnya.
"Varian Mu ini pertama kali ditemukan di Kolombia, dan saat ini disebut-sebut sudah menyebar di beberapa kawasan negara seperti di Eropa dan juga Amerika Selatan. Meski belum ada data pasti yang menyebutkan teridentifikasi di Indonesia, namun pencegahan dan pendeteksian terhadap varian tersebut telah dimulai oleh pemerintah," ujar Herwan.

Lebih jauh ia mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan sejumlah sampel tersebut. Saat ini sejumlah sample telah dikirim dan di periksa oleh Litbangkes apakah akan ditemukan varian Mu atau tidak.
"Sampai sekarang hasilnya belum kita dapatkan, mudah-mudahan varian Mu ini tidak ditemukan di Indonesia termasuk juga di Provinsi Bengkulu," singkatnya.

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: