Pembangunan Gedung Perpusda Kembali GAGAL

Pembangunan Gedung Perpusda Kembali GAGAL

CURUPEKSPRESS.COM, KEPAHIANG - Rencana pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, memiliki gedung perpustakaan yang representatif sebagai gedung baca di kabupaten Kepahiang nampaknya harus kembali tertunda.

Disampaikan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah H, Muhdi ini dikarenakan usulan pembangunan gedung yang disampaikan pihaknya ke Perpusnas hingga saat ini belum bisa diakomodir yang disebabkan keterbatasan anggaran yang dimiliki Purpusnas.

Bahkan dikatakan Muhdi, gagalnya Kabupaten kepahiang untuk membangun gedung perpustakaan ini bukan untuk yang pertama kali melainkan yang keduakalinya sejak tahun 2020 lalu.
"Nampaknya memang belum rezeki kita, kalau usulan sudah berulang kali kita sampaikan ke Purpusnas, tapi karena adanya pendemi corona anggaran itu dialihkan untuk penanganan wabah corona, sehingga kita belum bisa untuk membangun gedung sesuai yang kita rencanakan," sampai Muhdi.

Dikatakannya, berdasarkan usulan yang disampaikan pihaknya ke Purpusnas, rencana pembanguan gedung Perpusda Kepahiang berada di lokasi eks Kantor Bupati atau kantor dinas Perusda dan Arsip Daerah yang berada di Kelurahan Pasar Kepahiang.
"Tapi ini akan kita usulkan terus pokoknya sampai dapat," ujarnya.

Menurut Muhdi, anggaran yang diperlukan pihaknya untuk membangun gedung baca (Perpusda, red) di Kabupaten Kepahiang ditaksir sebesar Rp 15 miliar, dimana angaran tersebut baru keperluan pembangunan gedung diluar dari sarana dan prasarana penunjang lainnya.
"Sementara ini yang kami butuhkan baru untuk gedung saja, belum termasuk kelengkapan lainnya jadi anggaran yang kami usulkan ke Perpusnas itu diperkirakan sebesar Rp 15 miliar," jelasnya.

Meski belum memliki gedung yang representatif sebagai gedung baca, Perpusda Kepahiang tambah Muhdi, telah memiliki koleksi buku bacaan yang cukup, baik untuk bacaan pengetahuan umum maupun pembelajaran.

Dengan adanya gedung yang representatif kedepannya diharapkan Muhdi akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke Pusrpuda Kepahiang dan meningkatkan minat baca generasi muda di Kepahiang. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: