BKSDA Catat 8 Rafflesia Mekar di Rejang Lebong

BKSDA Catat 8 Rafflesia Mekar di Rejang Lebong

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Terpisah Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Seksi Konservasi Wilayah I, menyebut dalam kurun waktu 5 tahun terakhir pihaknya telah menemukan sebanyak 8 kali Bunga Rafflesia mekar di Kabupaten Rejang Lebong. 

Ini sebagaiman disampaikan Kepala BKSDA Wilayah I, Said Jauhari SHut melalui Polisi Kehutanan, Reza Alfitriansyah kepada CE.

"Sejak tahun 2018 kami mencatat sudah ada 8 kali Bunga Rafflesia mekar di seputaran wilayah Kabupaten RL ini," ucapnya.

Lebih lanjut Reza mengatakan, bunga Rafflesia yang kerap ditemukan tersebut juga dengan jenis yang berbeda-beda. Ada Bunga Rafflesia Arnoldi dan Bunga Rafflesia Gadutensis.

BACA JUGA:Rafflesia Arnoldi Mekar di Kebun Warga

BACA JUGA:Bunga Rafflesia Dirusak OTD, Kades Tebat Pulau Geram

Sambungnya, pada tahun 2018 lalu BKSDA Wilayah I temukan Bunga Rafflesia Gadutensis di Kecamatan Bermani Ulu, di tahun yang sama juga ditemukan Bunga Rafflesia Gadutensis di Desa Dataran Tapus Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Lalu tahun 2020 kembali ditemukan di Desa Air Dingin Kecamatan Sindang Kelingi Bunga Rafflesia Arnoldi, di tahun yang sama di Desa Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi juga ditemukan Bunga Rafflesia Arnoldi, lalu di tahun 2020 juga ditemukan di Air Meles Atas Bunga Rafflesia Gadutensis.

Kemudian di tahun 2021 Bunga Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Desa Pal Batu Kecamatan Selupu Rejang, di tahun 2022 tepatnya bulan Juni lalu Bunga Rafflesia Arnoldi juga mekar di Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran dan yang terbaru di Desa Tebat Pulau Kecamatan Bermani Ulu, hanya saja petugas belum sempat melakukan pengecekan bunga tersebut sudah lebih dulu dirusak orang tidak bertanggungjawab (OTB).

BACA JUGA:Perusak Bunga Rafflesia Harus Dihukum

BACA JUGA:368 Pelajar Sudah Miliki KTP

"Jadi ada 2 jenis bunga Rafflesia yang sering kami temukan di Kabupaten RL. Dan juga wilayah kecamatannya juga 5 itu saja, diantaranya Sindang Kelingi, Sindang Dataran, Selupu Rejang, Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya," paparnya.

Dirinya menambahkan, adapun untuk bisa mengetahui jenis bunga Rafflesia tidak bisa langsung diidentifikasi hanya lewat foto atau gambar, melainkan harus dilihat secara langsung oleh mata.

Karena perbedaan yang ada pada jenis bunga Rafflesia sangat tipis, bahkan ada jenis yang tidak hanya cukup diidentifikasi dengan mata telanjang.

"Kalau jenis yang bisa dilihat secara fisik, itu bisa dilihat dari kelopak bunga, dan bintik pada bunga. Untuk Arnoldi berukuran paling besar dengan bintik putih yang merata, kalau Gadutensis sedikit kecil dari Arnoldi dan warna merahnya juga lebih merah dan pekat dari Arnoldi. 

Sumber: