Tekan Inflasi, Bupati Ajak Utamakan Produk Lokal

Tekan Inflasi, Bupati Ajak Utamakan Produk Lokal

IST/CE Bupati RL Drs H Syamsul Effendi MM saat memenuhi undangan Presiden RI di Bali. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir H Joko Widodo untuk menekan terjadinya inflasi.

Bupati Rejang Lebong Drs H Syamsul Effendi MM mengajak Pemkab dan juga masyarakat RL untuk menggunakan dan mengutamakan belanja produk lokal dari dalam negeri.

Sebagaimana dikatakan bupati usai memenuhi undangan presiden pada acara Business Matching Tahap IV di Bali Nusa Dua Convention Center pada Kamis dan Jum,at 6-7 oktober kemarin.

Jika cara tersebut merupakan salah satu cara untuk menekan terjadinya peningkatan inflasi agar dapat dikendalikan dengan baik dan dapat melakukan pertumbuhan ekonomi pasca krisis yang dialami negara belakangan ini.

BACA JUGA: 3 Pansus DPRD RL Kunker, Mahdi: Cari Referensi Raperda

BACA JUGA: KPPN Siapkan Rp 32,4 Miliar untuk DD Tahap III

"Sesuai dengan arahan Presiden RI. Saya mengajak pemkab dan masyarakat RL agar menggunakan dan mengutamakan untuk membeli kebutuhan daerah dengan membeli produk lokal. Dimana hal tersebut dilakukan untuk menekan terjadinya inflasi di pasar kita," ujar bupati.

Dikatakan Bupati, selama ini pandangan masyarakat banyak yang menganggap produk lokal kalah saing jauh dengan produk luar.

Padahal produk lokal juga tidak kalah dengan produk luar yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat.

"Saat ini produk lokal yang kita miliki tidak kalah dengan produk luar. Untuk itu saya mengajak masyarakat agar mulai beralih menggunakan produk lokal saja untuk membantu menekan inflasi yang terjadi," ucapnya.

BACA JUGA: Mandi di Sungai, Pelajar Ditemukan Tewas

BACA JUGA: Pemilihan Duta GenRe Lebong 2022 Akan Segera Dibuka

Masih dikatakan bupati, acara yang diikuti nya tersebut selama di Bali.

Itu juga merupakan kegiatan dari tindak lanjut arahan Presiden RI terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, 24 Mei 2022 lalu ini dijaga oleh Kepolisian Republik Indonesia dan dihadiri sebanyak 761 orang yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Kementerian dan Lembaga pemerintah daerah seperti Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

"Penggunaan produk lokal ini sebenarnya sudah digaungkan sejak Bulan Mei lalu oleh Presiden RI. Untuk itu, penggunaan produk lokal dalam negeri ini memang benar-benar salah satu cara untuk melakukan peningkatan ekonomi negara serta penekanan angka inflasi yang ada," sampainya.

Selain itu bupati juga menyampaikan, kegiatan yang diikutinya selama 2 hari di Bali kemarin, juga merupakan langkah dan tindak lanjut dari aksi percepatan afirmasi pembelian dan pemanfaatan produk lokal. 

BACA JUGA: Baru 350 Pelaku UMKM di Lebong Miliki NIB

BACA JUGA: Kepala Biro AUAK IAIN Curup Promosi Jadi Kakanwil

"Kegiatan ini juga sebagai bagian dari gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan sebagai dukungan dari pemerintah kepada industri yang ada di seluruh Indonesia. Untuk itulah mulai saat ini ada baiknya kita menggunakan produk lokal," Ujarnya.

Untuk itu bupati juga menghimbau, agar seluruh pelaku usaha di RL untuk bekerjasama, dan terus meningkatkan produktifitas melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dalam rangka pencapaian target dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kami mengajak seluruh pelaku usaha lokal, UMKM, bekerjasama dengan pemerintah untuk meraih hasil yang maksimal. Sebagaimana yang dikatakan presiden, hal tersebut adalah salah satu upaya untuk menekan inflasi yang terjadi," tutupnya.

Sumber: