Pencanangan RL Bebas Pungli

Pencanangan RL Bebas Pungli

NICKO/CE Suasana rapat pembentukan panitia terkait rencana kegiatan pencanangan RL bebas pungli di gedung Aula Inspektorat RL. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Upaya memberantas aksi pungutan liar (Pungli) yang terjadi di ruang lingkup Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Pemerintah Kabupaten RL mengagendakan kegiatan pencanangan RL bebas dari pungli.

Dimana dalam agendanya, pada Kamis 3 november kemarin Pemkab RL bersama tim saber pungli dan beberapa OPD terkait seperti Inspektorat, Diskominfo, serta beberapa pihak terkait lainnya yang menjadi leading sektor melaksanakan rapat pembentukan panitia untuk mengadakan kegiatan pencanangan RL bebas pungli tersebut.

Sebagaimana dikatakan Asisten I Setdakab RL Pranoto Majid SH MSi yang juga merupakan Ketua Panitia kegiatan pencanangan RL bebas pungli, pelaksanaan kegiatan pencanangan RL bebas pungli tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan oleh Pemkab RL pada tanggal 14 November mendatang.

BACA JUGA: Roadshow Mewarnai CE Sambangi 3 Sekolah di Rejang Lebong

BACA JUGA: Dikunjungi Tim dari Kemenparekraf Desa Kota Baru Santan Optimis Masuk 5 Besar DEWI

Namun hal tersebut belum bisa dikatakan keputusan final, karena bisa saja sewaktu-waktu terjadi perubahan jadwal sesuai dengan hasil koordinasi lanjutan dan situasi lebih lanjut nantinya.

"Kalau melihat dari persentase yang ada, kejadian aksi pungli di RL ini cukup minim. Namun demi untuk kenyamanan dan penegakkan hukum yang baik, serta memberantas dan mencegah terjadinya aksi pungli di RL. Kita akan melaksanakan kegiatan pencanangan RL bebas pungli," ujar Pranoto.

Masih dikatakan Pranoto, jika saat ini pembentukan panitia sudah selesai dilaksanakan, dimana untuk proses kepanitiaan bisa dianggap selesai dan tinggal melanjutkan tahapan lebih lanjut nya saja.

"Untuk pembentukan panitia sudah kami susun semua. Dimana saat ini tinggal proses persiapan menjelang pelaksanaan kegiatan pencanangannya saja. Yang jelas melalui kegiatan tersebut, kami Pemkab RL berharap, agar aksi pungli di RL ini tidak terjadi," ucapnya.

BACA JUGA: Yeay! KPU Lebong Buka Lowongan 60 PPK dan 315 PPS

BACA JUGA: Kukuhkan Bunda Literasi di RL, Bupati Harapkan Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Sementara itu, ditempat yang sama Ketua Satgas Saber Pungli RL Kompol Edi Syafrudin SH mengatakan, jika saat ini memang aksi pungli yang terjadi di RL terbilang kecil.

Dimana di Tahun 2022 ini hanya ada 3 operasi tangkap tangan (OTT) yang diamankan oleh pihak Kepolisian RL.

Namun, untuk penanganan dan pemberantasan aksi pungli di RL ini tidak bisa dianggap main-main.

Karena diharapkan, aksi pungli yang terjadi di RL ini bisa nihil.

BACA JUGA: Dibantu Warga, Pekerjaan Fisik TMMD Terus Menunjukkan Progres yang Bagus

BACA JUGA: Lindungi Hak-Hak Jemaah Haji, Kemenag Usulkan Bentuk Perda Haji ke Pemkab

"Sesuai data yang terhimpun, aksi pungli di wilayah Kabupaten RL terbilang kecil. Hanya saja kita menargetkan, pada Tahun 2022 mendatang tidak akan ada terjadi aksi pungli di RL. Karena nya melaui giat pencanangan RL bebas pungli ini kami akan mensosialiasaikan kepada semua masyarakat di RL, agar menghindari yang namanya aksi pungli," tutup Edi.

Sumber: