Dewan Sorot Kekosongan Jabatan

Dewan Sorot Kekosongan Jabatan

Sekretaris Fraksi Demokrat RL, Dra Hj Nurul Khairiah MSi--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Adanya jabatan kosong dibeberapa organisasi perangkat daerah (OPD) saat ini. Kondisi tersebut menjadi sorotan tersendiri bagi Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten RL.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Fraksi Demokrat RL, Dra Hj Nurul Khairiah MSi, hal tersebut tentu menjadi kendala dalam memaksimalkan kinerja di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum memiliki pejabat definitif.

"Kekosongan jabatan di sejumlah OPD, tentu akan berdampak bagi kinerja OPD itu sendiri," ucapnya.

Seperti diketahui, kata Nurul, masing-masing OPD di ruang lingkup Pemda RL dituntut untuk memberikan kontribusi dan kinerja yang optimal.

Adapun beberapa jabatan yang kosong tersebut di antaranya seperti Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

BACA JUGA:FK-BPD Minta Peningkatan Kapasitas SDM

BACA JUGA:Rp 8 M Untuk Pemasangan PLTS, Di 9 Puskesmas

"Sebenarnya sumber daya manusia (SDM) di lingkup Pemda RL yang potensial cukup banyak. Hanya saja, ia memperkirakan mereka belum mendapatkan kesempatan," tuturnya.

Untuk itu, ia berharap di beberapa OPD yang saat ini pimpinannya dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) melakukan pelatihan dan peningkatan kapasitas SDM dibawahnya. Ini bertujuan agar mumpuni mengisi jabatan Kepala OPD yang diemban.

"Pelatihan peningkatan kapasitas SDM sangat diperlukan agar benar-benar mumpuni," ujar Nurul.

Politisi Partai Demokrat ini menyayangkan, jika masih ada rangkap jabatan yang tentunya tidak akan optimal dalam menjalankan pekerjaan. Ini dikarenakan bidang tugas yang berbeda.

BACA JUGA:Pendaftaran Dibuka, Kuota PPK 40 Orang

BACA JUGA:Gebyar HGN Wilayah UPT PUT, Gandeng Pokdarwis Untuk Kenalkan Wisata

"Kami memahami pengisian jabatan hak dan wewenang pimpinan daerah. Namun, pimpinan daerah juga bertugas menjaga proses kepemimpinan di masing-masing dinas berkesinambungan," katanya.

Masih dikatakan Nurul, proses pengisian jabatan di seluruh OPD sudah berdasarkan proses seleksi sesuai dengan kompetensinya. Namun pihaknya juga meminta, jabatan yang kosong agar segera diisi. 

Sumber: