Sekda: Assessment Dulu, Baru Lelang

Sekda: Assessment Dulu, Baru Lelang

Yusran Fauzi ST--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong berencana akan melaksanakan assessment atau uji kompetensi jabatan eselon II. Hal ini dilakukan sebagai upaya evaluasi terhadap kinerja pejabat Pemkab Rejang Lebong selama ini. Ini sebagaimana disampaikan Sekda Rejang Lebong, Yusran Fauzi ST.

"Kemungkinan assessment terhadap pejabat eselon II ini, akan dilaksanakan Desember ini," ujar Sekda saat dihubungi CE, Kamis 1 Desember 2022.

BACA JUGA:SDN 58 RL, Saat Pembagian Raport Gelar P5

BACA JUGA:SDN 37 RL, Pembangunan Mushola Didukung Wali Murid

Namun pelaksanaan assessment sendiri, kata Sekda pihaknya masih menunggu petunjuk dan izin dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Karena pelaksanaannya sendiri harus mendapati izin dari KASN.

"Kami berharap pelaksanaannya bisa dilakukan dalam waktu dekat. Namun kembali lagi kami menunggu izin dari KASN terlebih dahulu," sampainya.

Lanjut Sekda, assessment ini nantinya akan diikuti seluruh eselon II. Dimana hasil assessment inilah yang nanti, sebut Sekda akan menjadi dasar bupati untuk menempatkan pejabat sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya.

BACA JUGA:Seragam Gratis Masih Tahap Pengerjaan

BACA JUGA:8 OPD Dapat Penghargaan TPAKD Award 2022, Tito : Kepahiang Pantas Menjadi Contoh Bagi Kabupaten Lain

"Ini juga nanti sebagai evaluasi, terhadap kinerja pejabat selama ini," katanya.

Setelah ada hasilnya, kata Sekda barulah pihaknya akan menentukan mekanisme selanjutnya. Apakah akan dilakukan lelang atau tidak tergantung dari hasil assessment.

3 OPD Masih Dijabat Plt

DI SISI lain, diketahui saat ini ada 3 organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong masih dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

BACA JUGA:Penataan Aset dan Akses Tanah , Gugus Tugas Reforma Agraria Gelar Rakor

BACA JUGA:Hanya 283 Peserta Yang MS

"Sejauh ini ada jabatan 3 Kepala OPD atau setara eselon II masih kosong. Untuk mengisi kekosongan sambil menunggu adanya pejabat definitif, masih ditunjuklah pelaksana tugas," ujar Sekda.

Adapun 3 jabatan Kepala OPD yang saat ini masih dijabat oleh pelaksana tugas, sebut Sekda yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

"Meskipun saat ini masih dijabat Plt, kami berharap segala urusan administrasi di OPD ini tidak terganggu dan tetap berjalan sebagaimana mestinya," sampai Sekda.

BACA JUGA:Maling, 2 Warga Diciduk Polisi

BACA JUGA:Rp 18 Miliar Penyertaan Modal PDAM Kandas

Terhadap 3 jabatan Kepala OPD yang masih kosong ini, Sekda menyebut jika pihaknya saat ini berencana akan melaksanakan pengisian jabatan dengan mekanisme lelang jabatan. Karena kata Sekda, pengisian jabatan eselon II ini harus dilakukan dengan sistem lelang.

"Tapi assessment dulu, kita lihat hasilnya. Baru nanti akan diketahui mekanisme selanjutnya, lelang dan sebagainya," tandasnya. 

Sumber: