Ini Penyebab KPM Belum Cairkan Bansos

Ini Penyebab KPM Belum Cairkan Bansos

DOK/CE Masyarakat saat mencairkan bansos di PT Pos Indonesia cabang Curup beberapa waktu lalu.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagaimana diketahui, masih terdapat sekitar lebih dari 100 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Rejang Lebong belum mencairkan bantuan sosial (Bansos) di PT Pos Indonesia.

Sementara batas akhir penyaluran bansos akan segera berakhir di tanggal 31 Desember mendatang.

Mengenai hal tersebut, CE mencoba untuk menelusuri persoalan KPM belum mencairkan bansos kepada tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) di beberapa wilayah kecamatan.

Disampaikan TKSK Kecamatan Curup Tengah, Junaidi, ada sejumlah alasan mengapa masih terdapat KPM belum mencairkan bansos. Diantaranya, ada KPM yang meninggal dunia, pindah keluar daerah dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Penyaluran Bansos Diperpanjang Hingga 31 Desember

BACA JUGA:Pemkab Pastikan Tahun 2023 Bebas Inflasi

"Kendala KPM belum cairkan bansos beragam, ada yang meninggal, pindah tempat tinggal sehingga alamatnya tidak ditemukan," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, untuk wilayah Kecamatan Curup Tengah masih ada 11 KPM dari total 1.257 KPM yang belum melakukan pencairan bansos.

Antara lain 1 KPM meninggal dunia dan tidak ada ahli waris yang bisa mengambil/menggantikan, sehingga tidak bisa dicairkan.

Sedangkan 10 KPM lainnya pindah domisili ke luar daerah. Ada yang pindah domisili ke Jakarta, Bengkulu Selatan dan daerah lainnya.

BACA JUGA:DKP : Harga Pangan Tampak Stabil

BACA JUGA:Patroli Selama Nataru

"Setelah terus kami ditelusuri, ada 1 KPM asal Kelurahan Air Bang yang ternyata pindah ke Kesambe Lama. Kami hubungi yang bersangkutan untuk segera mengambil bansosnya di Kantor Pos, justru malah menolak. Artinya yang bersangkutan memang tidak butuh uang," bebernya.

Terpisah, TKSK Kecamatan Curup Timur, Meni Azizah mengatakan, dari sekian banyak KPM yang ada di wilayahnya hanya tinggal 1 orang lagi warga Kelurahan Sukaraja yang sampai saat ini belum mencairkan bansos di Kantor Pos.

Pihaknya sudah meminta yang bersangkutan untuk melakukan pencairan tapi belum hadir.

"Salah satu KPM ini, infonya ada keluarganya yang 1 KK akan mewakili mengambil ke Kantor Pos," tuturnya.

BACA JUGA:Asyik... Tahun Depan Setiap Kelurahan di RL Dijatah Rp 200 Juta

BACA JUGA:Kemensos Salurkan Atensi Rp 590 Juta untuk Disabilitas dan UMKM di RL

Diberitakan sebelumnya, masih terdapat sebanyak 160 KPM lagi di Kabupaten Rejang Lebong yang belum mencairkan bansos ke PT Pos Indonesia.

Demikian dikatakan Kepala PT Pos Indonesia cabang Curup, Andi Pratama melalui Ketua Satgas Penyaluran Bansos, Angga.

"Secara keseluruhan total KPM yang belum mencairkan bansos di Kantor Pos ada sebanyak 160 KPM/jiwa lagi," singkatnya.

Sumber: