Tahun Ini US Tingkat SD/SMP Ditiadakan, Ini Gantinya..

Tahun Ini US Tingkat SD/SMP Ditiadakan, Ini Gantinya..

DOK/CE Kasi Kurikulum SMP Dikbud Rejang Lebong Eni Suryani MPd --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pelaksanaan ujian sekolah (US) yang dilaksanakan sebagai salah satu penentuan kelulusan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) rencananya tidak lagi dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 ini.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) nomor 21 tahun 2022 yang menjelaskan indikator kelulusan siswa SD, SMP hanya 3 kriteria.

Adapun diantaranya yakni menyelesaikan program pembelajaran masa pandemi covid 19 yang dibuktikan dengan raport tiap semester, memperoleh sikap dan perilaku minimal baik, mengikuti ujian sumatif tengah semester dan ujian praktek yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Rejang Lebong Rezza Pakhlevi SH MM melalui Kasi Kurikulum SMP Dikbud Rejang Lebong Eni Suryani MPd mengatakan.

BACA JUGA: Siswa SDN 77 Harus Bisa Sholat

BACA JUGA:SDIT Bin Baz RL, Targetkan Akreditasi A

Jika seluruh siswa kelas IX SMP sudah mengikuti pelaksanaan sumatif tengah semester (STS) secara tertulis yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 6 sampai dengan 11 Maret mendatang, serta lulus dalam ujian praktek. Maka siswa tersebut bisa dinyatakan lulus.

"Insya Allah sesuai dengan Permendikbud nomor 21 tahun 2022 bahwasanya tahun ini ujian sekolah tidak dilaksanakan lagi, dan yang menjadi indikator kelulusan siswa SMP tahun ini hanya STS dan juga ujian praktek bagi siswa kelas IX," ujar Eni.

Dikatakan Eni bahwa untuk melaksanakan STS akan dilaksanakan secara serentak di sekolah masing masing pada tanggal 6 Maret - 11 Maret mendatang sesuai dengan hasil rapat dan kesepakatan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) beberapa waktu lalu.

Dan pihak nya bersama MKKS dalam waktu dekat juga kembali akan melaksanakan rapat untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian praktek untuk kelulusan siswa.

BACA JUGA:SDN 79 RL Jalankan Program Segenggam Beras

BACA JUGA:IKM Sudah Merata di Sekolah

"Pada Selasa 7 Maret mendatang kami akan kembali mengadakan rapat kembali untuk memastikan kapan pelaksanaan ujian praktek bagi siswa SMP akan dilaksanakan, tetapi kalau berpedoman dengan kalender pendidikan tahun ajaran 2022/2023 maka ujian praktek tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 18 Maret mendatang, karena Kabid SMP masih baru, dan juga keputusan akhir belum ada maka belum bisa kita pastikan," ungkapnya. 

Ditambahkan Kasi Kurikulum SD Dikbud Rejang Lebong, Lenli Hartati AMd juga membenarkan ujian sekolah tidak dilaksanakan kembali untuk menentukan kelulusan siswa SD.

Sumber: