Asyiik! Disperkim Siapkan Anggaran Rp 3,9 Miliar, Untuk Program BSPS

Asyiik! Disperkim Siapkan Anggaran Rp 3,9 Miliar, Untuk Program BSPS

ILUSTRASI/NET Program BSPS--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) LEBONG tahun ini telah mempersiapkan anggaran senilai Rp 3,9 miliar untuk bantuan program Stimulan Perumahan Swadaya Pembangunan Baru (BSPS-PB) tahun 2023.

Program ini akan di prioritaskan untuk desa dan kelurahan yang memang belum pernah tersentuh bantuan, baik yang bersumber dari APBN pusat maupun APBD Kabupaten.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Lebong Hartoni SP M Si mengatakan bahwa program BSPS-PB merupakan salah satu upaya Pemkab Lebong untuk menekan angka kemiskinan, serta mewujudkan program visi dan misi Bupati Lebong dan wakil Bupati.

BACA JUGA:

“Untuk program BSPS sebesar Rp 3,9 miliar itu berasal dari APBD Kabupaten Lebong bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah, program ini bertujuan untuk menekan angka kemeskinan,” katanya.

Ia mengaku saat ini pihaknya masih menunggu usulan dari masing-masing pemerintah desa dan kelurahan se-Kabupaten Lebong calon warga yang akan diusulkan sebagai penerima BSPS-PB.

Setelah usulan tersebut sudah diterima, selanjutnya barulah dilakukan verifikasi untuk melihat kelengkapan berkas layak atau tidaknya calon penerima.

“Sejauh ini baru ada beberapa desa yang sudah menyerahkan data-data warga yang diusulkan sebagai calon penerima BSPS-PB rumah layak huni. Setelah seluruh usulan sudah diterima, barulah dilakukan verifikasi untuk menentukan layak atau tidaknya calon penerima,” lanjutnya.

BACA JUGA:

Tambahnya, untuk total anggaran per unit pembangunan rumah baru layak huni sendiri, Ia mengaku belum dapat menyampaikan, karena akan dilakukan penghitungan secara matang oleh tim yang sudah dibentuk dan di SKkan oleh Bupati Lebong.

Terlebih jumlah penerimanya sendiri akan disesuaikan dengan anggaran APBD Kabupaten Lebong yang sudah disiapkan.

“Program ini akan di prioritaskan untuk desa dan kelurahan yang memang belum pernah tersentuh BSPS, baik yang bersumber dari APBN pusat maupun APBD Kabupaten. Semoga dengan adanya program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lebong,” pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: