Merasa Hidup Selalu Susah? Simak Pencerahan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Merasa Hidup Selalu Susah? Simak Pencerahan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

IST/CE Ceramah Ustadz Syafiq di channel youtube.--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Pernahkah anda merasa kalau hidup anda selalu susah? Hakikatnya Allah telah memberikan apa yang dibutuhkan manusia sebelum manusia itu meminta.

Sebagai contoh pernahkah anda memohon untuk diberikan mata, lebih dulu Allah telah memberikannya.

Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam kajian di channel youtube @SAP Channel menjelaskan tentang merasa hidup ini selalu susah.

Dalam Al-Quran Allah menyebutkan bahwasanya manusia itu adalah mahkluk yang suka berkeluh kesah.

Selalu merasa hidupnya susah terus, apabila diberi kenikmatan akan menjadi orang yang bakhil.

BACA JUGA:

"Coba kita lihat jemaah, jangankan orang lain, tapi kita sendiri kalau dapat musibah, sak koncoan ruh kabeh, oh fulan sakit. Fulan kehilangan motornya, fulan handphone nya hilang, banyak orang tahu. Tapi ketika dapat nikmat tidak cerita dengan orang lain, dapat rezeki fulus umpamanya takut di hutangin, nah itu bakhil padahal dapat nikmat, itulah manusia," jelas Ustadz Syafiq.

Manusia adalah mahkluk yang tidak pandai bersyukur. Lalu kemudian iblis dan setan diturunkan ke muka bumi untuk menggoda manusia.

Akan engkau dapat kebanyakan manusia itu tidak bersyukur. Bahkan Allah juga telah menyebutkan dalam Al-Quran Surat Saba ayat 13 yang artinya 'sangat sedikit sekali diantara hamba-Ku yang mau bersyukur'.

Maka jemaah kita perlu muhasabah dan introspeksi diri saat ini, tentang nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, yang banyak diantara kita tidak mensyukurinya.

BACA JUGA:

Salah satu nikmat yang dianggap oleh manusia itu adalah sebuah rutinitas, contohnya adalah nikmat waktu malam. Lantas bagaimana seandainya tidak ada waktu malam?

Ada nikmat yang dirasakan oleh banyak mahkluk seperti hujan yang dirasakan oleh manusia, hewan dan juga tumbuh-tumbuhan.

Kemudian ada nikmat yang hanya dirasakan oleh suatu kelompok tertentu dalam satu keluarga misalnya. Lalu ada juga nikmat yang dirasakan oleh perseorangan/individu.

Sumber: