12 Desa Tangguh Bencana Dibina. Berikut Nama Desanya..

12 Desa Tangguh Bencana Dibina. Berikut Nama Desanya..

Shalahuddin--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebanyak 12 desa tangguh bencana di wilayah Rejang Lebong baru saja mendapat pembinaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong.

Dikatakan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Rejang Lebong, Drs Shalahudin MSi, pembinaan terhadap desa tangguh bencana di sejumlah kecamatan ini untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat desa/kelurahan setempat, terkait tindakan yang bisa dilakukan seandainya sewaktu-waktu di tempat tinggal mereka terjadi bencana alam.

"Kami baru saja melaksanakan kegiatan edukasi ke 12 desa tanggung bencana yang sudah terbentuk berkenaan upaya-upaya yang mesti dilakukan apabila terjadi bencana alam di wilayah tempat tinggal mereka," jelasnya.

BACA JUGA:

Ia mengatakan, desa tangguh bencana yang sudah terbentuk ini berada di kawasan atau zona rawan bencana alam seperti halnya banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan gunung meletus.

"Karena meraka sudah terpetakan sebagai desa yang rawan dari berbagai macam bencana alam akhirnya kita bentuk desa tangguh bencana di lakukan pembinaan setiap tahunnya," kata Shalahuddin.

Program pembentukan desa tangguh bencana ini, sebut dia, sudah direncanakan di 43 desa, namun karena kondisi anggaran daerah masih terbatas sehingga yang baru terbentuk hanya ada sebanyak 12 desa.

"Dengan terbentuknya desa tangguh bencana,  seandainya di desa mereka terjadi bencana alam mereka bisa lebih mandiri dan mengambil langkah penanganan sendiri sebelum akhirnya datang bantuan dari pemerintah daerah atau pihak lain," terangnya.

BACA JUGA:

Lebih jauh dirinya memaparkan, 12 desa tangguh bencana yang sudah terbentuk tersebut, antara lain Desa Sumber Urip dan Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang, Desa Talang Lahat, Air Dingin dan Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi.

Kemudian Desa IV Suku Menanti dan Talang Belitar Kecamatan Sindang Dataran, Desa Kesambe Lama Kecamatan Curup Timur; Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah; Desa Suban Ayam Kecamatan Selupu Rejang; Desa Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara, dan Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan.

"Desa tangguh bencana yang dibentuk secara bertahap sejak 2013 lalu hingga sekarang itu kebanyakan berada di wilayah Kecamatan Selupu Rejang dan Sindang Kelingi yang memang masum zona rawan bencana alam gunung meletus dan tanah longsor," demikian Shalahuddin.

BACA JUGA:

Sumber: