Sepenggal Sejarah Desa Mangkurajo, Konon Pernah Ada Taman Bunga Tien Soeharto di Rejang Lebong

 Sepenggal Sejarah Desa Mangkurajo, Konon Pernah Ada Taman Bunga Tien Soeharto di Rejang Lebong

Tampak Indah Pemandangan Desa Mangkurajo Lebong Selatan -Sqrenshot IG Visitlebong -

CURUPEKSPRESS.COM - Desa Mangkurajo dahulunya masuk Kabupaten Rejang Lebong. Dan setelah pemekaran, saat ini masuk dalam Kabupaten Lebong dan berada di Kecamatan Lebong Selatan, Provinsi Bengkulu. Atau nama arkaisnya dalam bahasa Rejang Mangkaurajo, adalah sebuah Desa pemekaran dari Kutai Donok ini letaknya paling jauh dari ibu kota kabupaten Lebong. 

Adapun Desa Mangkurajo berjarak 42 km dari ibu kota kabupaten di Tubei. Sempat beredar isu jika dulunya pada Desa yang satu ini terdapat kebun bunga milik Raden Ayu Hj. Siti Hartinah, atau lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto yang adalah istri Presiden Indonesia kedua, Jenderal Besar Purnawirawan Soeharto. 

BACA JUGA: Strategi Dalam Mengembangkan Desa Wisata

 

Namun sejuah ini isu tersebut masih dalam penelusuran lebih jauh dari curupekspress.com. 

Adapun desa yang satu ini awalnya bagian dari Kutai Donok Lebong Selatan dengan marga Jurukalang. Wilayah ini sendiri transit bagi warga Kutai Donok yang hendak menambang emas ke kawasan Lebong Simpang di Hulu Lain (Boven Lais). 

 

BACA JUGA: Tingkatkan Daya Saing Desa Wisata di Kancah Nasional

Saat ini sendiri desa yang satu ini menjadi salah satu perkebunan kopi yang cukup terkenal, wajar saja karena desa ini berada di puncakan dengan ketinggian 940 m.dpl, sekaligus merupakan desa tertinggi di Lebong Selatan.

 

BACA JUGA: Stretegi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Tarik Desa Wisata

Desa yang satu ini dengan penduduk yang mayoritasnya memeluk agama Islam. Serta suku Rejang menjadi  penduduk asli desa Kutai Donok, termasuk wilayah Mangkurajo. Namun, populasi Rejang di sana tidak signifikan karena pada masa lalu bukan merupakan pusat permukiman. Daerah Mangkurajo dahulunya menjadi tujuan transmigrasi dari Jawa. 

 

Sehingga suku Jawa juga menjadi penduduk mayoritas desa tersebut. Hal ini menjadikan Mangkurajo sebagai satu-satunya desa di Lebong Selatan yang penduduknya bukan mayoritas Rejang.

Sumber: