Manfaat Mengajarkan Anak Mengucapkan Terimakasih!

Manfaat Mengajarkan Anak Mengucapkan Terimakasih!

ILUSTRASI/NET --

PENDIDIKAN, CURUPEKPRESS.COM – Anak memiliki mesin fotocopy di ingatannya dan alat perekam terbaik. Maka tak sadar apa yang orangtuanya lakukan sering diikuti oleh anak baik itu ucapan dan tingkah laku.

Entah itu hal baik atau buruk anak akan menjadikan orangtuanya sebagai panutan. Apalagi jika anak masih dalam umur yang suka meniru banyak hal.

Maka dari itu ada baiknya sejak dini kita mengajarkan sikap atau tingkah laku yang dapat membawanya pada budi pekerti yang baik nantinya.

Tentu tidaklah mudah untuk mengajari perilaku yang baik pada anak. Contoh kecilnya kita mengajari anak dalam berucap “Maaf, Tolong dan Terimakasih”.

BACA JUGA:Mengajari Anak Agar Tumbuh Menjadi Santun

• Tidak hanya mengajari tapi juga menerapkan

 

Berikut ini kita akan membahas hal apa yang dapat orangtua lakukan dalam mengajari anak mengucapkan “Terimaksih”.

Terkadang seringkali sebagai orangtua meminta serta mengajari anaknya tentang A, B, C dan berharap anak bisa memahami apa yang diajarkan tapi lupa untuk menerapkannya kepada diri sendiri.

Padahal jika kita menerapkan juga pada diri sendiri, maka anak akan merekamnya. Dari rekaman tersebut anak bisa menirunya.

Mulai dari mengucapkan ‘terimakasih’ pada anak. Misal ketika anak membantu menyelesaikan pekerjaan kecil maka ucaplah ‘terimaksih’ seraya memberikan senyuman manis dan rasa kasih sayang.

BACA JUGA:Orang Tua Harus Tahu, 6 Tips Mengajari Anak Sopan Santun!

Mengingatkan bila anak lupa

 

Sumber: