Cara Mengatasi Biduran Dengan Bahan Alami !!!

Cara Mengatasi Biduran Dengan Bahan Alami !!!

sumber: Halodoc--

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Biduran atau urtikaria merupakan kondisi permukaan kulit yang menonjol dan ruam merah Biduran adalah reaksi pada  yang ditandai dengan munculnya bentol berwarna kemerahan dan disertai dengan rasa gatal.

Penyebab biduran ini sendiri beragam, ada yang terjadi karena faktor hormon, tetapi ada juga yang terjadi karena perubahan suhu tubuh hingga reaksi tubuh terhadap beberapa seperti makanan,  stres, zat kimia, dan iritasi.

Biduran juga  menimbulkan kemerahan dan rasa pada kulit, yang biasanya akan muncul dalam jumlah yang banyak.Terdapat beberapa bahan alami untuk  mengobati biduran agar cepat sembuh :

 

1. Daun sirih

 

Daun sirih adalah daun dari tanaman sirih (Piper betle) yang dikenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan dan digunakan dalam berbagai budaya sebagai obat tradisional.

Daun sirih mengandung saponin, flavonoid, dan tanin yang membantu penyembuhan luka.

Ketiganya juga berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba yang memengaruhi penyambungan luka serta mempercepat penyembuhan luka (epitelisasi). Dan dau sirih bisa di gunakan untuk menyembuhkan biduran. 

BACA JUGA:

2. Temulawak dan madu

 

Temulawak dan madu adalah bahan alami yang memiliki potensi manfaat untuk membantu mengatasi gejala biduran (urticaria).

Temulawak memiliki sifat antiinflamasi dan antialergi, sementara madu dikenal memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Caranya cukup mudah, potong rimpang temulawak dan cuci hingga bersih.

Kemudian, rebus rimpang tersebut di dalam tiga gelas air bersih. Biarkan hingga air tersisa tiga perempatnya. Saring selagi suam-suam kuku, lalu tambahkan madu secukupnya 

 

3. Kompres es batu

 

Juga dipercaya dapat meredakan gatal-gatal dan peradangan pada kulit, karena biasanya biduran menjadi parah akibat kondisi cuaca yang panas. Caranya sangatlah mudah.

Cukup bungkus es dengan handuk atau kain, lalu tempatkan bongkahan es tersebut di permukaan kulit yang meradang.

BACA JUGA:

4. Minum Banyak Air

 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi gejala biduran.

Minum air adalah langkah yang baik untuk membantu mengurangi gejala biduran (urticaria) pada beberapa orang. Air dapat membantu menghidrasi tubuh dan meredakan reaksi alergi.

 

sangat penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis jika Anda mengalami biduran, terutama jika gejalanya parah atau berlangsung lama. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan saran perawatan yang sesuai.

Sumber: