Murah dan Mudah Didapat, Inilah Manfaat Ikan Lele bagi Ibu Hamil

Murah dan Mudah Didapat, Inilah Manfaat Ikan Lele bagi Ibu Hamil

Ibu Hamil Konsumsi Ikan Lele.-ILUSTRASI/NET-

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Seiring dengan berbagai anjuran kesehatan terkait kehamilan, pertanyaan mengenai makanan yang aman dan sehat untuk ibu hamil kerap menjadi perhatian. Salah satu makanan yang sering mendapat perhatian adalah ikan lele.

Jenis ikan ini sering dipilih karena ketersediaannya dan rasanya yang disukai sebagian orang. Namun, apakah ikan lele benar-benar bermanfaat bagi ibu hamil? Mari kita pelajari lebih lanjut tentang manfaat ikan lele untuk ibu hamil :

 

1. Sumber Protein Berkualitas

 

Ikan lele merupakan sumber protein yang baik. Protein penting selama kehamilan berkontribusi pada perkembangan jaringan dan organ janin. Namun yang perlu diperhatikan adalah ikan lele yang dikonsumsi berasal dari sumber yang bersih dan aman, karena kualitas air tempat ikan tersebut hidup dapat mempengaruhi kandungan zat beracun pada daging ikan tersebut.

BACA JUGA:

2. Kandungan Gizi Penting

 

Ikan lele mengandung nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 yang dapat menunjang perkembangan otak janin. Omega-3 juga diketahui membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan, seperti preeklamsia. Namun perlu berhati-hati saat mengonsumsi ikan rendah lemak seperti ikan lele karena kandungan merkurinya lebih rendah dibandingkan pada ikan berlemak.

 

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

 

Dalam jumlah yang cukup, asam lemak omega-3 pada ikan lele juga dapat mendukung kesehatan jantung pada ibu hamil. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega-3 selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada ibu.

BACA JUGA:

Meski ikan lele memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Misalnya, pastikan ikan lele yang Anda makan benar-benar matang untuk menghindari risiko infeksi bakteri atau parasit. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan jumlah dan frekuensi konsumsi ikan lele yang tepat selama hamil.

 

Dalam mempertimbangkan manfaat ikan lele untuk ibu hamil, penting untuk memilih sumber ikan yang bersih, memasaknya dengan benar dan memperhatikan keseimbangan porsi dalam makanan. Keselamatan dan kesehatan ibu dan janin harus menjadi prioritas utama dalam memilih makanan selama kehamilan.

Sumber: