Yuk Kenali Jenis Penyakit Pada Iklan Lele

Yuk Kenali Jenis Penyakit Pada Iklan Lele

secreenshot instagram @sangkuti farm-ist-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Penyakit ikan adalah masalah umum dalam dunia perikanan. Penyakit ikan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk bakteri, virus, parasit, atau stres lingkungan. Penyakit ikan dapat memiliki dampak serius terhadap populasi ikan budidaya dan ikan di alam liar.

Upaya pencegahan dalam mengendalikan penyakit ikan ini melibatkan praktik-praktik seperti pemantauan kesehatan ikan secara rutin, karantina ikan baru sebelum memasukkannya kolam  utama, menjaga kualitas air yang baik.

Berikut beberapa penyakit yang menyarang ikan lele:

 

1. Serangan Jamur

Bagian tubuh ikan  akan terlihat tumbu abu-abu atau putih di sekitar kulit atau sirip. Jamur yang ini menyerang ini hampir menyerupai  kapas. Lele yang terkena jamur ini lama kelamaan akan mati Sebabkan lele yang terjangkit sudah dalam keadaan rentan, akibat dari masalah kesehatan serius seperti parasit, cedera fisik atau infeksi bakteri.

Untuk mengobati lele yang terkena jamur sebaiknya di karantina dengan kolam yang sudah steril.

 

2. Ragged Tail Fin

Penyakit ini merupakan penyakit penurunan ekor ikan atau biasa juga disebut dengan penyakit sirip progresif. Penyakit ini membuat sirip ikan lele menjadi tidak beraturan atau di tandai dengan warnanya yang memudar. Kepadatan ikan lele di dalam kolam menjadi penyebabnya karena ada ikan lele yang lebih agresif yang menyerang ikan lele lainnya.

BACA JUGA:Awas! 5 Ikan Ini 'Haram' Dimakan Setelah Operasi Caesar, Bisa Memperlambat Pemulihan

3. Penyakit Bintik Putih

Penyakit ikan lele  ini bisa terjadi karena air yang kotor. Populasi ikan lele yang terlalu padat hingga suhu air yang terlalu dingin akan mempercepat pertumbuhan protozoa. Penyakit bintik putih atau white spot yaitu berupa bintik putih pada kulit dan insang ikan lele. Gejala lainnya bisa anda perhatikan dari sifat ikan lele yang merasa sangat gatal sehingga sering menggosokkan badannya ke dinding atau dasar kolam. 

Sumber: