7 Larangan Rasulullah Kepada Umatnya, Banyak yang Melakukan Tapi Tidak Sadar

7 Larangan Rasulullah Kepada Umatnya, Banyak yang Melakukan Tapi Tidak Sadar

ILUSTRASI/NET--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Rasulullah datang untuk mengajak serta membimbing umat manusia agar taat dan patuh kepada Allah Subhanahu wa Taala.

Salah satu prinsip akidah seorang muslim ialah iman dan yakin bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam adalah Utusan Allah yang terakhir. Keyakinan tersebut harus dinyatakan dalam ikrar dua kalimat syahadat. 

Sejarah para Nabi dalam Al-Qur'an dinyatakan dengan jelas, bahwa ajaran semua Nabi itu sama, yaitu tauhidullah (mengesakan) Allah, menyembah hanya kepada Allah, serta patuh melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah.

BACA JUGA:

Ada begitu banyam perintah serta larangan Allah Subhanahu wa Taala yang harus ditaati dan dijalani dalam kehidupan sehari-hari.

Namun tahukah kamu? Selain ada perintah dan larangan Allah, juga ada sunnah serta larangan Nabi Muhammad kepada umatnya.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang larangan-larangan Nabi Muhammad kepada umatnya. Dilansir dari akun TikTok @Alkaff Moslem Story, sedikitnya ada 7 larangan Nabi Muhammad kepada umatnya.

 

1. Menceritakan hal palsu agar orang terhibur (melawak) 

 

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam berikut,

"Celakalah bagi orang yang berkata bohong untuk menjadikan orang lain tertawa karenanya" (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Abu Daud)

BACA JUGA:

2. Tertawa karena orang lain kentut

 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam pernah bersabda sebagai berikut,

"Rasulullah melarang menertawakan orang karena kentut" (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

 

3. Terlalu banyak tertawa

 

Dalam sebuah sabda, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam mengatakan,

"Jangan banyak tertawa karena itu bisa mematikan hati" (Shaih Al Jami Ash Shogir)

BACA JUGA: 4 Hadits Nabi Tentang Palestina

4. Bernazar

 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam pernah bersabda yang artinya, 

"Jangan kalian bernazar, karena nazar itu sedikit pun tidak mempengaruhi takdir. Dan bahwasanya nazar itu dikeluarkan oleh orang pelit" (HR. Muslim dan Tirmidzi) 

 

5. Mengambil barang orang lain tanpa izin, walaupun itu hanya bercanda atau tidak

 

"Barang siapa yang mengambil barang teman tanpa izin meskipun hanya bercanda, hendaklah dikembalikan" (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

BACA JUGA:

6. Memuji orang lain secara berlebihan

 

"Barang siapa diantara kamu yang hendak memuji kerabat ataupun saudara, katakan aku mengenal si fulan dan Allah lah yang menilainya, dan aku tidak memuji seseorang melebihi kemampuan Allah" (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

 

7. Mencabut uban

 

"Janganlah kalian mencabut uban, karena sesungguhnya uban itu merupakan cahaya bagi seorang muslim pada hari kiamat kelak" (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

BACA JUGA:

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa larangan-larangan Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam kepada umatnya, untuk jangan dilakukan.

Tentu saja ini hanya segelintir tentang larangan-larangan Rasulullah, masih ada begitu banyal lagi larangan dari Rasulullah yang perlu kita cari tahu, kita pelajari dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sumber: