Cara Jitu Mengatasi Anak yang Kecanduan Handphone

Jumat 20-10-2023,22:30 WIB
Reporter : Febri Apriansyah
Editor : HEFICA B.U

Jika gadget dilengkapi dengan fitur age-restricted atau filtur anak, terapkan fitur ini untuk membatasi waktu dan jenis aplikasi atau tontonan yang bisa di akses oleh anak.

BACA JUGA:Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Minta Maaf

3. Beri Edukasi Tentang Bahaya Handphone

Selanjutnya, berikan edukasi tentang bahaya bermain handphone terlalu lama. Anda bisa memberitahukannya bahaya bermain handphone.

Seperti, sakit mata, obesitas dan oenyakit lain agar anak takut jika bermain handphone terlalu lama. Jelaskan pada si kecil dengan kata yang mudah mereka mengerti.

Apalagi si kecil sudah mengerti atau mempunyai sosmed, beritahu mereka baya yang selalu mengintai di sosmed. Tidak ada salahnya anda menceritakan tentang orang jahat yang ada di media sosial. 

BACA JUGA:Bingung Menghadapi Anak Pemarah, Begini caranya!

4. Berikan Mainan yang Tidak Berbahaya

Sepanjutnya, berikan mainan yang tidak berbahaya bagi anak. Anak anak akan lupa handphone jika diberikan mainan yang asik seperti, mobil-mobilan, berbi, atau mainan yang melatih kemampuan otak si anak. 

 

5. Menjadi Contoh yang Baik

Selanjutnya, menjadi contoh yang baik bagi anak. Umumnya Anak-anak cenderung mengikuti apa yang orang tua mereka lakukan daripada apa menuruti apa yang orang tua mereka katakan.

Jika anak-anak kecanduan bermain handphone, orang tua harus contoh untuk tidak terlalu sibuk menggunakan handphone. Temani anak dan berikan tontonan yang mengasah anak untuk berfikir cerdas. 

Itualah tadi cara mengatasi anak yang kecanduan handphone. semoga bermanfaat!

Kategori :