Dewan Pilih Direktur PDAM yang Kredibel

Dewan Pilih Direktur PDAM yang Kredibel

DOK/CE Wakil Ketua (Waka) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten RL, Surya ST--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Wakil Ketua (Waka) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong, Surya ST ikut menanggapi proses seleksi calon Direktur perusahaan umum daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bukit Kaba yang saat ini sedang berlangsung.

Surya meminta kepada calon yang terpilih nantinya, adalah orang yang kredibel dan memiliki kompetensi yang baik di bidang yang akan dijalani.

"Kami minta betul siapapun nanti yang terpilih menjadi Direksi Perumda Air Minum Tirta Bukit Kaba, harus memang orang yang tepat, memiliki kredibilitas yang tinggi, dan mampu memberikan perkembangan yang baik bagi Perumda," sampainya.

Lanjut Surya, utamanya profesionalisme dan obyektif dalam melakukan seleksi kepada para calon direksi. Secara mendalam, para calon direksi harus dilihat track record, kemampuan dan keahliannya.

BACA JUGA:Bupati Ingin Direktur PDAM Berkompeten

BACA JUGA:Pengumuman Direktur PDAM Pekan Depan

Dikatakannya, siapapun yang terpilih nanti harus mampu menampung seluruh keluhan dan saran dari masyarakat.

Seperti masalah yang selalu terjadi ialah masyarakat mengeluhkan air yang sampai ke rumah-rumah kecil dan mengalir tidak 24 jam penuh.

"Nah persoalan yang seperti ini bagaimana caranya bisa dibenahi dan diperbaiki. Belum lagi ada masyarakat yang ngeluh airnya terkadang kotor,," ucapnya.

Dirinya meyakini, salah satu penyebab dari masalah-masalah tersebut ialah jaringan pipa bawah tanah banyak yang bocor ataupun pecah.

BACA JUGA:Mesin Roasting Karya Syafrudin, Masuk 16 Besar TTG Tingkat Nasional

BACA JUGA:Masa Kerja THLT Berpotensi Diperpanjang

Sehingga air terbuang keluar dan kotoran di tanah masuk ke dalam pipa yang mengakibatkan air sering kotor.

"Pipa itu kan di posisinya di bawah tanah dan sangat jarang terkontrol, jadi jaringan pipa itu harus secara rutin diperiksa kondisinya kalau ingin masalah selesai," tegasnya.

Selain itu Surya menerangkan, tunggakan pelanggan yang ada di Perumda Air Minum Tirta Bukit Kaba yang mencapai miliaran rupiah sampai saat ini belum juga mampu ditekan ataupun terlunasi.

Sehingga bagaimana caranya dengan direksi yang baru nantinya akan mampu menekan angka tunggakan pelanggan tersebut.

BACA JUGA:Penjual Miras Dibina Polisi

BACA JUGA:Harga Migor dan Telur Naik

"Apabila pelayanan kepada masyarakat optimal sudah pasti orang akan bayar bulanannya," tutur Surya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab RL saat ini tengah mencari Direksi Perumda Air Minum Tirta Bukit Kaba periode 2022-2027.

Yang mana saat ini sudah memasuki tahap akhir yakni tes wawancara.

Sebagaimana disebutkan Asisten II Setdakab RL Dr H Asli Samin SKep MKes yang juga merupakan Ketua Pansel Direksi Perumda Air Minum Tirta Bukit Kaba, ada 3 nama yang lolos maju ketahap selanjutnya yang diantaranya Khairunnisa ST, Maryati SE, dan Hendra Novianzah SE MM.

Asli meminta agar 3 calon direksi yang sudah mengikuti tahap wawancara beberapa hari lalu dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Karena hanya akan ada 1 nama yang akan dipilih untuk menjadi Direksi Perumda yang baru. Dimana tentunya 1 nama tersebut benar-benar orang yang paling berkompeten dan layak untuk menjadi direksi. 

Sumber: