Oktober Mendatang 1 Desa Bakal Gelar Pilkades

Oktober Mendatang  1 Desa Bakal Gelar Pilkades

DOK/CE Camat pada Kecamatan Bermani Ulu (BU), Drs Hantoni Msi --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Pada bulan Oktober 2022 mendatang. 1 desa di wilayah Kecamatan Bermani Ulu (BU) Kabupaten Rejang Lebong akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades).

Dimana Pilkades tersebut dilaksanakan lantaran kekosongan jabatan kades sejak bulan Mei lalu karena kades sebelumnya tutup usia.

Sebagaimana disampaikan Camat Kecamatan BU Drs Hantoni MSi, jika desa yang dimaksud adalah Desa Selamet Sudiarjo (SS).

Hal itu dikarenakan sisa jabatan kades di Desa SS tersebut masih lebih dari setahun, sehingga tidak bisa dijabat oleh penjabat sementara (Pjs) berdasarkan UU dan perbub no15 yang berlaku, melainkan akan diisi oleh kades PAW.

BACA JUGA:60 Desa/Kelurahan Sudah Bentuk Operator DTKS, Redo: Upaya Pemutahiran Data KPM

BACA JUGA:Harga Migor dan Telur Naik

"Sudah kami jadwalkan pelaksanaan Pilkades di Desa SS tersebut. Dimana kami akan melaksanakan pilkades pada tanggal 12 Oktober mendatang," ujarnya.

Dikatakan Camat, jika saat ini pihaknya juga sedang melakukan penjaringan terhadap bakal calon kades PAW yang akan menjabat sebagai kades pengganti nantinya.

Dimana camat mengatakan, maksimal hanya akan ada 3 kandidat calon kades untuk maju pada pilkades nanti.

"Dari musyawarah yang sudah kami lakukan. Hanya akan ada 3 calon kades yang akan maju nantinya. Dan hanya akan disediakan sebanyak 30 orang warga yang menjadi perwakilan untuk memilih kades pengganti pada pilkades nanti," sampai camat.

Masih dikatakan Camat, jika dirinya juga mengharapkan agar 3 calon kades yang akan maju bisa melengkapi semua persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak kecamatan dan perangkat desa, dan BPD setempat.

BACA JUGA:Pencairan BKK Paling Lambat Akhir Tahun, Bupati: Jika Belum Dicairkan Anggaran BKK Dianggap Hangus

BACA JUGA:Belum Ada Wacana Penghapusan Daya 450 VA

Untuk itu yang mencalonkan diri sebagai kades nantinya adalah orang-orang yang memang berkompeten dan dianggap layak untuk memimpin desa tersebut.

"Tidak ada bedanya dengan pilkades pada umumnya. kami menginginkan yang mencalonkan diri sebagai kades nanti dapat melengkapi semua persyaratannya. Baik itu secara administrasi maupun persyaratan lainnya. Yang jelas saat ini kami masih melakukan penjaringan awal," tutup camat. 

Sumber: