TMMD ke 115 Dimulai

TMMD ke 115 Dimulai

HABIBI/CE Upacara pembukaan TMMD ke 15 wilayah Kodim 0409/RL yang dilaksanakan di Kantor Camat Curup Selatan, Selasa (11/10). Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati RL, Drs H Syamsul Effendi MM--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong tahun 2022 resmi dimulai.

Ini ditandai dengan upacara pembukaan TMMD ke 115 yang dipusatkan di lapangan Kantor Camat Curup Selatan pada Selasa 11 oktober kemarin. 

Bupati RL Drs H Syamsul Effendi MM yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), mengatakan jika TMMD ini masih sangat dibutuhkan dan keterlibatan TNI untuk turut membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu juga sangat relevan.

"Tentu dengan program TMMD ini juga turut membantu pemerintah daerah dalam keberlangsungan pembangunan khususnya di Kecamatan Curup Selatan ini. Dan kami atas pemerintah daerah tentu mendukung kegiatan TMMD ini," ujar bupati.

BACA JUGA: SDN 139 RL Butuh Perhatian

BACA JUGA: SDN 99 RL Masih Butuh RKB

Menurut bupati, TMMD ini sangat erat kaitannya dengan semangat gotong royong. Karena setiap kegiatannya juga tidak terlepas dari budaya gotong royong.

Oleh karena itu, kata bupati agar budaya gotong royong ini terus terpelihara dengan baik.

"Kami juga berharap, masyarakat khususnya yang terdampak dalam program TMMD ini juga ikut mendukung agar program ini dapat terlaksana dan berjalan dengan sebaik sebagaimana mestinya," sampai bupati. 

Sementara itu, Kasiter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana SIP MSi mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaan TMMD ini, ada 150 personil gabungan yang terlibat di dalamnya.

BACA JUGA: Dikbud Data Penerima Seragam Gratis

BACA JUGA: Baru 1 BUMDes Lebong Berbadan Hukum

Dimana jumlah personil tersebut gabungan dari TNI-Polri dan sebagainya diluar dari masyarakat.

"Dimana keuntungan dalam program TMMD ini, yakni melibatkan masyarakat setempat dengan maksud masyarakat juga ikut bertanggungjawab. Artinya ikut memelihara untuk kelanjutannya dan ada rasa memiliki terhadap program-program pembangunan dalam program TMMD ini," ujarnya.

Lanjut Kasiter, program TMMD harus berhasil.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Dandim untuk benar-benar menjalankan program yang telah direncanakan sebelumnya. 

BACA JUGA: Terlibat Mafia Tanah Oknum ASN Lebong Jadi Tsk

BACA JUGA: 3 Perkebunan Kantongi Izin HGU

"Operasional teritorial ini, wajib berhasil," ungkapnya. 

Ditambahkan Dandim 0409/RL, Letkol CZi Trisnu Novawan S Sos MSi MTr (Han) mengatakan bahwa dalam TMMD yang dipusatkan di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan dibagi 2 kegiatan yakni kegiatan fisik dan non fisik. 

"Untuk fisik itu, ada pembukaan dan peningkatan badan jalan, drainase kanan kiri, plat deucker. Kemudian non fisik penyuluhan hukum, penyuluhan stunting, pengobatan. Termasuk ada juga kegiatan fisik tambahan seperti rehab bedah rumah dan beberapa kegiatan lainnya," tandasnya.

Sumber: