Bupati Minta Pesantren Miliki Fasilitas Layak

Bupati Minta Pesantren Miliki Fasilitas Layak

NICKO/CE Bupati RL saat menghadiri pelaksanaan Maulid Nabi Pesantren Miftahul Jannah. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Bupati Rejang Lebong (RL) Drs H Syamsul Effendi MM mengharapkan, pesantren-pesantren di RL bisa memiliki fasilitas yang layak dan memadai.

Baik itu dari segi sarana dan prasarana maupun bangunan pendukung tempat belajar mengajar yang dimiliki pihak yayasan pada pesantren tersebut.

Sebagaimana ditegaskan bupati, hal tersebut harus dapat diwujudkan agar masyarakat RL dapat menyekolahkan anaknya di pesantren-pesantren yang ada di RL.

Sehingga para orang tua tidak perlu menyekolahkan anak-anaknya ke pesantren-pesantren yang ada di luar daerah seperti di Jawa maupun di tempat lainnya.

BACA JUGA: Semarakkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah Besok, PDM Gelar Jalan Sehat

BACA JUGA: Evaluasi APBD-P Rampung Sekda: Tinggal Proses Administrasi

"Dengan banyaknya jumlah pesantren di RL saat ini. Saya rasa para orang tua tidak perlu menyekolahkan anaknya jauh-jauh keluar daerah. Untuk itu peningkatan dan perkembangan pesantren di RL sudah harus diperhatikan," ujar bupati. 

Bupati juga menyampaikan, untuk perkembangan pesantren di RL.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) RL juga akan mendukung dan membantu pembangunan pesantren yang ada di Kabupaten RL.

Dimana dukungan yang dilakukan Pemkab RL akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan pesantren.

BACA JUGA: Triwulan 3, Pencari Kerja di RL Capai 1.931 Orang

BACA JUGA: 7 SMP Bakal Terima DAK 2023

"Melalui beberapa kegiatan yang dimiliki pemkab nanti. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu pembangunan pesantren di RL. Baik itu dari segi fisik maupun non fisik. Yang jelas kami juga akan memikirkan agar pesantren di RL ini dapat terus berkembang dan banyak diminati masyarakat," ucap bupati. 

Disisi lain Anggota Komisi VIII DPRD RI H M Saleh SE menegaskan, jika dirinya juga siap memberikan dukungan secara penuh untuk pembangunan pesantren di RL.

Bahkan dirinya siap turun langsung ke lapangan untuk pembangunan pesantren agar semakin baik lagi sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. 

"Saya siap menjadi garda terdepan untuk pembangunan pesantren di RL. Karena sudah seharusnya pesantren-pesantren di RL ini diberdayakan agar menjadi semakin baik lagi kedepannya. Agar masyarakat, khususnya para orang tua tidak pelu lagi menyekolahkan anaknya ke pesantren di luar daerah. Karena dengan tenaga pendidik dan juga para kyai dan ustad yang mengajar di pesantren RL sudah cukup memadai," sampai Saleh. 

BACA JUGA: Roadshow Mewarnai 2 Sekolah Kecamatan SD Sukses Digelar

BACA JUGA: Rehab Musala Nyaris Rampung

KLebih lanjut M Saleh juga menyampaikan.

Jika proses perkembangan dan pembangunan pesantren di RL akan di bawanya ke Komisi VIII DPRD RI agar bisa ditindaklanjuti.

"Untuk perkembangan pesantren di RL, saya juga akan membahas hal tersebut di Komisi VIII DPRD RI. Untuk itu marilah kita bersama-sama memberikan dukungan terhadap pembangunan pesantren di RL agar semakin baik lagi kedepannya," singkat Saleh.

Sumber: