Munir Raih Penghargaan Nasional, Pemuda Difabel Berprestasi

Munir Raih Penghargaan Nasional, Pemuda Difabel Berprestasi

DOK/CE Pemuda asal Kelurahan Padang Lekat, Kecamatan Kepahiang Muhammad Munir (24)--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemuda asal Kelurahan Padang Lekat, Kecamatan Kepahiang Muhammad Munir (24) yang belakangan diketahui juga sebagai penyandang disabilitas sensorik (Kebutaan), berkat banyak prestasi yang pernah diraihnya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pemuda difabel berprestasi dan pemuda berprestasi tingkat nasional tahun 2022.

Bahkan saat berita ini dilansir, Muhammad Munir tengah terbang dalam perjalanan dari Bengkulu menuju Kota Balik Papan Kalimantan Timur, untuk menerima penghargaan tersebut.

BACA JUGA:SDN 111 RL ANBK Masih Menumpang Tempat

BACA JUGA:SMPIT KU Raih Piala Bergilir Hari Santri 2022

Meri saudara kandung dari Muhammad Munir yang kemarin dihubungi, mengaku jika, Munir --Muhammad Munir-- biasa dirinya panggil,  akan hadir langsung memenuhi undang dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk menerima penghargaan dimaksud. Yang penyerahannya bertepatan dengan puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda 29 Oktober, yang pelaksanaannya di Kota Balik Papan Kalimantan Timur.

"Sekarang ini kami sudah di Bengkulu, untuk terbang ke Kalimantan Timur, tepatnya ke Kota Balik Papan," ucap Meri yang kemarin dihubungi melalui sambungan telepon.

BACA JUGA:1.817 WP Ikuti Perogram Pemutihan Pajak Kendaraan

BACA JUGA:Besok 998 Mahasiswa IAIN Curup di Wisuda

Dijelaskannya, beberapa waktu lalu Munir mendapatkan undangan langsung dari Kemenpora RI, sekaligus pemberitahuan jika Munir yang diketahui pula sebagai Qori terbaik yang dimiliki Kabupaten Kepahiang saat ini dan telah beberapa kali mewakili Kepahiang dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi untuk mendapatkan penghargaan  sebagai pemuda difabel berprestasi 2022.

"Jujur kami termasuk Munir tidak menyangka, akan mendapatkan penghargaan yang tarafnya nasional seperti pemberitahuan yang kami terima beberapa hari lalu," ujarnya.

BACA JUGA:Sempat Nonaktif 66 Peserta JKN Pulih Kembali

BACA JUGA:45 Anggota Panwascam RL Dilantik

Diceritakan Meri, selain Munir merupakan Qori dalam hafalan Alquran, yang kerap mendapatkan penghargaan baik tingkat kabupaten dan provinsi.

Munir dengan kekurangannya tidak bisa melihat, akibat kebutaan yang dideritanya sejak bayi. Munir diketahui juga merupakan atlet catur Kabupaten Kepahiang untuk kelompok difabel, yang juga kerap menyumbang penghargaan untuk dirinya dan Kabupaten Kepahiang.

Sedikitnya ada puluhan penghargaan dari dua bidang tersebut yang pernah diraih Munir.

"Kami belum tahu penghargaan dibidang apa. Tapi kalau selama ini yang kami ketahui Munir ini selain merupakan Qori, dia juga atlet catur untuk penyandang difabel," ujarnya.

Harapannya, dengan adanya penghargaan yang akan diterimanya langsung pada hari ini. Akan dapat memberikan semangat bagi Munir untuk terus berprestasi, walau dengan segala keterbatasannya.

BACA JUGA:Verfak Keanggotaan Parpol 628 Sampel Belum Berhasil Ditemui

BACA JUGA:41 OPD Terima Raport Merah Dewan Minta Bupati Evaluasi OPD

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Kepahiang, melalui Wakil Bupati Kepahiang H Zurdi Nata SIP, yang kemarin dikonfirmasi, mengaku telah mendapatkan kabar tersebut.

Dan diakuinya keberhasilan yang diraih Munir tentu merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Kepahiang dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang.

"Tentunya kita bersyukur, Kepahiang memiliki orang seperti Muhammad Munir. Dengan segala keterbatasannya, mampu berprestasi bahkan tidak tanggung-tanggung tingkat internasional sekaligus," ucapnya.

Tentu menurut Wabup, apa yang diraih Muhammad Munir saat ini, mampu membangkitkan semangat pemuda-pemuda yang lain, khususnya untuk kalangan difabel.

Karena keterbatasan secara fisik tidak menutup orang untuk bisa berprestasi.

Sumber: