Pilkades PAW Embong Ijuk Sempat Ricuh

Pilkades PAW Embong Ijuk Sempat Ricuh

JACK/CE Pelaksanaan Pilkades PAW Embong Ijuk Kecamatan Bermani Ilir Kepahiang.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM  - Pelaksanaan Pilkades pergantian antar waktu (PAW) Desa Embong Ijuk Kecamatan Bermani Ilir, Selasa 13 Desember digelar.

Dalam pelaksanaanya, Pilkades PAW yang sebelumnya berlangsung kondusif sempat ricuh dan terjadi keributan antara pemilih yang sudah datang ke TPS dengan Panitia Pilkades.

Peristiwa ini dipicu karena pemilih tersebut, di awalnya  tidak diizinkan  untuk menggunakan hak pilihnya, karena tidak memiliki undangan dari panitia pemilihan.

"Alhamdulillah, pelaksanaan Pilkades PAW bisa berjalan kondusif, memang dipertengahan pelaksanaannya tadi (kemarin, red) sempat ada terjadi ketegangan antara beberapa orang pemilih dengan panitia. Tapi semuanya sudah bisa diatasi," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan SH melalui Kabid  Pembinaan Pemerintahan Desa, Verry Susanto.

BACA JUGA:Pembunuhan Dilakukan Lebih 1 Orang, Keluarga Berharap Pelaku Segera Tertangkap

BACA JUGA:SDN 88 Rejang Lebong, Kepsek Merangkap jadi Wali Kelas

Disebutkannya, pemicu dari ketegangan itu berawal dari 26 orang pemilih yang sudah mendatangi TPS dengan membawa kartu keluarga (KK) belum diizinkan untuk memilih, karena harus menjalani verifikasi terlebih dahulu oleh panitia.

Dimana sebelumnya 26 pemilih ini memang belum terdaftar dalam DPT Pilkades Embong Ijuk. Sehingga terjadi ketegangan dan nyaris baku hantam.

Untung saja sebut Verry, petugas keamanan dari Polsek Bermani Ilir bisa cepat melakukan pencegahan sehingga keributan tersebut bisa dihentikan.

"Sudah tidak masalah semua sudah selesai, yang tadinya tidak bisa memilih karena belum memiliki undangan akhirnya bisa memilih. Karena panitia juga telah menyiapkan surat suara cadangan yang memang peruntukannya untuk mengatasi masalah seperti itu," sebutnya.

BACA JUGA:Guru Penggerak Belum Tentu Jadi Kepala Sekolah

BACA JUGA:Manfaatkan DD Kembangkan Sektor Wisata, 27 Desa Telah Ditetapkan Sebagai Desa Wisata

Sementara itu Kapolres Kepahiang AKBP Yana Supriatna SIK MSi, melalui Kapolsek Bermani Ilir, Iptu Darmawel Salah SH, yang dikonfirmasi membenarkan adanya keributan dalam pelaksanaan Pilkades PAW Desa Embong Ijuk yang berlangsung kemarin.

Namun tegasnya hal itu bisa segera diatasi oleh pihaknya sehingga tidak menjadi keributan yang lebih besar.

"Sudah kami selesaikan, dengan cara melakukan mediasi baik dari panitia dengan pemilih juga dengan para calon.

Sekarang kondisinya sudah kembali kondusif dan pelaksanaan Pilkades pun telah selesai pemenangnya juga sudah sama-sama kita ketahui," ujarnya.

Ditegaskan Kapolsek, dirinya mengimbau kepada seluruhnya untuk sama - sama menjaga kondusifitas desa, dengan saling menghargai dan menghormati proses Pilkades yang sudah berlangsung.

BACA JUGA:Diskominfo Klaim RL Bebas Blank Spot

BACA JUGA:Belum Terdaftar JKN, Anggaran BPJS Perangkat 52 Desa Jadi SILPA

Untuk diketahui, Pilkades PAW Embong Ijuk dimenangkan oleh Dina Haryanti dengan perolehan sebanyak 416 suara, menyisikan Damsir yang hanya memperoleh 131 suara, dari 553 pemilih yang menggunakan hak suaranya dalam Pilkades PAW tersebut.

Karena 6 surat suara lainnya dinyatakan tidak sah atau batal.

Sumber: