Bebas Covid, Dispar Dongkrak PAD Wisata, Optimis Tercapai

Bebas Covid, Dispar Dongkrak  PAD Wisata, Optimis Tercapai

ILUSTRASI/NET Wisata Danau Mas Harun Bastari--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Adanya dorongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong dengan menaikkan pendapatan asli daerah (PAD).

Dinas Pariwisata (Dispar) akan berupaya untuk mendongkrak PAD khususnya pada sektor Pariwisata tahun 2023.

Sebagaimana dikatakan Kepala Dispar Kabupaten Rejang Lebong, M Budianto ST MT kepada wartawan.

“Pada prinsipnya kami siap ketika memang dari Pemkab ingin meningkatkan PAD tahun ini. Dan khususnya kami yang berkecimpung di sektor wisata,” ucapnya.

BACA JUGA:

Ia mengatakan, dengan upaya bagaimana mempromosikan kedua objek wisata yang dikelola Pemkab Rejang Lebong yakni Danau Mas Harun Bastari (DMHB) dan Pemandian Suban Air Panas, agar terjadi peningkatan jumlah pengunjung/wisatawan.

“Apalagi sekarang pandemi Covid-19 jelas sudah berakhir. Dengan demikian di tahun ini kami yakin jumlah wisatawan yang masuk ke dua objek wisata tersebut juga bakal terus meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya sempat diusulkan untuk peningkatan sarana dan prasaran (Sarpras), kata Budi, hanya saja belum bisa terakomodir lantaran keterbatasan anggaran yang ada di daerah.

Ia melanjutkan, jika mengharap anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), Pemerintah Pusat tidak menyiapkan program untuk peningkatan sarpras atau fasilitas di sektor pariwisata tahun ini.

BACA JUGA:

“Kami sudah coba koordinasi ke pusat, dan ternyata mereka tidak fokus ke arah sana. Tapi ada program lain yang diprioritaskan hingga tahun 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Budi menyebutkan, untuk desa-desa wisata yang ada saat ini masih tetap dalam pembinaan pihaknya.

Melalui pembinaan tersebut diharapkan bisa terus berkembang, mandiri dan memiliki daya tarik serta keunikan sendiri dalam menggaet wisatawan.

BACA JUGA:

Sumber: