Beasiswa Mahasiswa Prestasi Terancam Batal, Ini Masalahnya

Beasiswa Mahasiswa Prestasi Terancam Batal, Ini Masalahnya

=== Hanapi SPd MM ===--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong menyebut realisasi pemberian beasiswa untuk mahasiswa berprestasi tahun 2023 masih mengalami kendala. Sehingga saat ini program tersebut belum dilaksanakan oleh pihaknya.

Adapun kendala tersebut yakni belum adanya peraturan bupati (Perbup) yang mengatur pemberian beasiswa tersebut. 

Dimana dari informasi yang diterima pihaknya saat ini Perbup yang dimaksud tersebut masih digodok oleh Bagian Hukum Setdakab Rejang Lebong.

Sekretaris Dikbud Rejang Lebong, Hanapi SPd MM kepada CE menyampaikan seharusnya pada bulan September 2023 ini, pihaknya sudah melaksanakan penerimaan berkas penerima beasiswa. 

Akan tetapi sejauh ini Perbup program tersebut belum pihaknya terima. Sehingga program pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tersebut belum dilaksanakan.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan kembali menjalin komunikasi kepada bagian hukum terkait perbup program tersebut sehingga bisa cepat kita laksanakan," ujar Hanapi. 

BACA JUGA:

 

Sebelumnya pihak Dikbud Rejang Lebong telah memberikan sedikit bocoran mengenai persyaratan yang harus disiapkan oleh mahasiswa berprestasi yang menginginkan beasiswa tersebut.

Yang mana persyaratan tersebut yakni terdata sebagai warga kabupaten Rejang Lebong dengan dibuktikan oleh kartu keluarga dan KTP orang tua, mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sesuai dengan yang ditentukan, serta jurusan mahasiswa tersebut dengan nilai akreditasi minimal B, dan beasiswa tersebut tidak membatasi mahasiswa dari Kampus Negeri maupun Kampus swasta, serta mahasiswa yang miskin maupun mahasiswa kaya.

"Untuk anggaran beasiswa tersebut sebesar Rp 900.000.000 yang akan disalurkan sebesar biaya 1 uang kuliah tunggal masing - masing biaya kampus mahasiswa tersebut, Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut nantinya akan langsung di transfer ke masing - masing rekeningnya, akan tetapi untuk saat ini kuota penerima belum bisa kita pastikan, yang pastinya kami harapkan seluruh masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut," sampai Hanapi.

Dengan melaksanakan program tersebut, Hanapi mengatakan bahwa pihaknya berharap supaya bisa membantu masyarakat melaksanakan pendidikannya melalui dana yang diusulkan oleh pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut.

"Harapan kami beasiswa tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, dan juga bisa membantu masyarakat dalam mencapai tujuannya mengapa  pendidikannya saat ini," pungkasnya. 

BACA JUGA:

Sumber: