Pesona Anggrek Tien Soeharto: Keindahan yang Berlabuh hingga ke Negeri Singa, Singapura

Pesona Anggrek Tien Soeharto: Keindahan yang Berlabuh hingga ke Negeri Singa, Singapura

Anggrek Tien Soeharto (Cymbidium hartinahianum)-Screenshot Instagram @tierradelmonteorquideas-

CURUPEKSPRESS.COM - Sahabat CE pasti masih ingat jika kita sudah membahas tentang sejarah Anggrek Tien Soeharto, dan karakteristik yang dimiliki oleh bunga yang ditemukan Peneliti dari Herbarium LBN/LIPI Bogor, Rusdy E. Nasution ini sebelumnya bukan!

 

Kita akan mengulas kembali secara singkat mengenai bunga Anggrek Tien Soeharto dengan segala keunikannya yang tidak dimiliki oleh bunga anggrek lainnya ini. Sebelum sampai ke fakta bahwa ternyata bunga ibu negara kedua yang kita kagumi ini, Tien Soeharto sampai diekspor ke negara yang dikenal dengan julukan Negeri Singa, Singapura lho! Wahh, keren sekali bukan!

BACA JUGA:

 

Anggrek Tien Soeharto (Cymbidium hartinahianum) ini ditemukan oleh Rusdy di Desa Banjara Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Nama Tien Soeharto sengaja Rusdy sematkan pada bunga anggrek yang ia temukan tersebut, sebagai wujud rasa hormatnya yang sangat mendalam pada ibu negara kedua ini.

BACA JUGA:

 

Seperti yang diceritakan sebelumnya, Anggrek Tien Soeharto memiliki ciri khas batang yang pendek serta ditutupi daun sekitar 6-10 lembar. Anggrek yang bila dilihat dari samping membentuk huruf V ini memiliki tandan bunga yang memuat 10-20 bunga dengan diameter 3.5 cm ini tumbuh tegak di samping batang sepanjang 50-100.

BACA JUGA:

 

Kelopak Anggrek Tien Soeharto berwarna kehijauan dengan bibir bunga berwarna putih. Terdapat bintik-bintil bulat berwarna merah kecokelatan.

 

Selain itu, ciri khas dari Anggrek Tien Soeharto ini adalah memiliki bunga yang cenderung tebal dengan aroma yang lembut atau tidak begitu menyengat.

Sumber: