Tak Hanya Sekedar Bisnis, Perkebunan Tien Soeharto di Mangkurajo Kerap Bantu Kebutuhan Masyarakat Setempat

Tak Hanya Sekedar Bisnis, Perkebunan Tien Soeharto di Mangkurajo Kerap Bantu Kebutuhan Masyarakat Setempat

Pintu gerbang menuju Desa Mangkurajo.-Aziz/ce-

LEBONG, CURUPEKPRESS.COM - Konon penuturan salah seorang tokoh masyarakat Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong.

Bahwa  PT Mangkuraja anak  dari perusahaan Way Sebayur yang bergerak dalam bidang pengelolaan kebun bunga dan perkebunan kopi milik Tien Soeharto memberikan dampak positif bagi masyarakat. Karena tidak hanya mengurangi tingkat pengangguran masyarakat lokal saat itu. Akan tetapi kerap membantu kebutuhan masyarakat yang sedang membanggun sarana prasarana desa.

Diceritakan masyarakat Mangkurajo  selain membatu pada pembangunan sarana prasarana desa, PT Milik Tien Soeharto tersebut juga sering memberikan bantuan dana ketika masyarakat Mangkurajo sedang melaksanaan perayaan hari - hari besar nasional.

BACA JUGA:

Informasi warga tersebut didukung oleh pernyataan  Widodo (60) yang merupakan mantan kepala devisi di perkebunan pada saat itu. Dirinya mengatakan bahwa PT Milik Tien Soeharto tersebut banyak sekali menyerap tenaga keraja lokal untuk mengurusi lahan perkebunan tersebut.

"Yang pastinya Masyarakat Mangkurajo pada umumnya merasa bersyukur karena kehadiran PT Mangkuraja anak dari prusahaan Way Sebayur tersebut karena membawa perubahan yang cukup signifikan untuk prekonomian masyarakat saat itu," jelasnya.

Widodo mengatakan bahwa tidak hanya penduduk Mangkurajo yang berbondong - bondong mendafatarkan dirinya menjadi pekerja PT Milik Tien Soeharto tersebut, akan tetapi juga menyerap tenaga kerja dari Curup dan sekitarnya yang mana prusahan tersebut mengalami masa kejayaannya sekitar tahun 1985 hingga awal tahun 90 an yang saat itu membutuhkan sangat banyak karyawan.

"Yang pastinya selain menyerap banyak tenaga kerja, PT Milik Tien Soeharto tersebut seringkali memberikan bantuan kepada masyarakat Mangkurajo yang sedang melaksanakan pembangunan sarana parasarana desa sepertihalnya mushola dan sebagainya," terangnya.

BACA JUGA:

Sementara itu di ungkapkan Srihayati (51) salah seorang pekerja di PT Mangkuraja anak  dari prusahaan Way Sebayur yang bekerja pada bagian pemeliharaan bunga untuk di ekspor ke negara - negara Singapura, Malaysia dan sebagainya bahwa pada saat itu dirinya mendapatkan upah atau gaji sebesar Rp. 60.000 selama satu bulan, serta mendapatkan biaya ansuransi sebagai tenaga kerja di prusahaan Milik Tien Soeharto tersebut.

"Kalau tidak salah ketika saya bekerja di Milik Tien Soeharto tersebut saya di bayar setiap harinya sebesar Rp 2000, dan juga sebagai pegawai kami juga diberikan asuransi," jelasnya.

Sumber: