Ini Manfaat Pare Bagi Kesehatan Kita!

Ini Manfaat Pare Bagi Kesehatan Kita!

sumbur: farmasantika-ist-

FOOD,CURUPEKSPRESS.COM - Pare adalah  tumbuhan yang di kenal memiliki rasa pahit, berbentuknya ramping seperti  mentimun yang berkerut, terdapat terkstur seperti tonjolan-tonjolan yang kasar dan tidak beraturan, serta memiliki warna hijau terang saat masi mudah, dan apabila pare sudah tua akan memiliki warna oranye atau merah kecoklatan.

Meskipun memiliki rasa yang pahit tetapi pare sering di gunakan dalam berbagai masakan terutama masakan di asia.

Beberapa orang juga mengkonsumsinya karna memliki  manfaat  untuk kesehatan.

 

Berikut manfaat pare untuk kesehatan :

 

1. Menurunkan kadar gula dara

Mengonsumsi sayur pare bisa membantu menurunkan kadar gula darah karena pare  memproduksi insulin yang dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c pada penderita diabetes tipe 2.

 

2. Menyembuhkan penyakit jantung

Jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi penyakit jantung, serat serta vitamin, dan mineral dalam pare rebus membantu  menjaga kesehatan jantung lebih baik dan mlindungi jantung dari radikal bebas.

Merebus pare dengan benar dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular .

 

3. Sebagai obat cacing

Ekstrak dari pare juga memiliki efek antihelmintik yang dapat dimanfaatkan untuk melawan cacing sehingga khasiat dalam sayur pare dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan. 

BACA JUGA:

 

4. Meningkatkan nafsu makan

Pare sering di gunakan dalam berbagai tradisi pengobatan herbal tidak hanya kaya akan nutrisi, sayur pare juga banyak memiliki senyawa salah satunya likopen.

Senyawa likopen bersamaan dengan fitokimia dan albiminoid membantu merangsang nafsu makan dalam diri seseorang.

 

5.Baik Untuk Kesehatan Mata

Kandungan yang terdapat pada pare dapat membantu menjaga kesehatan mata sehingga terhindar dari degenerasi makula dan juga katarak.

BACA JUGA:

 

6. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Pare dapat digunakan sebagai bahan prawatan kulit atau maskr wajah karena antioksidan pada pare yang berupa katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat dapat membantu menjaga kesehatan kulit sehingga terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan tersebut juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

 

 

Demikianlah ulasan mengenai manfaat sayur pare bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

Sumber: