Sejarah Provinsi Bengkulu Tanah Para Pejuang

Sejarah Provinsi Bengkulu Tanah Para Pejuang

ILUSTRASI/ Rumah pengasingan Ir.Soekarno.-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM – Bengkulu yang berasal dari bahasa melayu yaitu bangkahulu yang berada di tepi barat pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki kekayaan baik dari wilayah laut hingga dataran tinggi bukit barisan. Bengkulu juga tidak bisa lepas dari sejarah perjalanan presiden Soekarna saat diasingkan berjuang melawan Belanda.

Salah satu kekayaan Bengkulu adalah pantai Panjang yang membentang dari Selatan hingga Utara alur surga Bahari di tepi Barat pulau Sumatera.

Samudera Hindia benteng strategis pertahanan, sejak masa raja-raja yang berkuasa di Bengkulu sejak 300 tahun lalu diperebutkan pelaut Inggris dan Belanda untuk menguasai rempah-rempah Nusantara.

Pada 85 tahun lalu Soekarno diasingkan ke Bengkulu setelah sebelumnya 4 tahun di Indeflores dalam kegiatan politiknya mengelora melawan Belanda.

Dari rumah pengasingan inilah Soekarno kembali memulai berbagai pergerakannya namun dalam pengawasan ketat oleh tentara Belanda. 

BACA JUGA:

Di rumah tersebut tersimpanberbagai peninggalan bersejarah dari Soekarno seperti ontel, naskah sandiwara, buku bacaan, kostum monte carlo dan lain-lain.

Selain itu terdapat koleksi buku berbahasa Belanda yang terlihat di rumahnya Soekarno.

Buku-buku tersebut menemani Soekarno dalam pengasinganya.

Di sepanjang dinding rumah terdapat beberapa foto yang menceritakan Sejarah yang pernah terjadi ditempat tersebut maupun jejak narasi Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Semangat juang Seokarno tetap bekobar memalui berbagai kegiatan termasuk mengajar di sekolah Muhammadiyah hingga merebut hati masyarakat Bengkulu termasuk menaklukkan hati seorang Fatmawati.

Berbagai di lakukana oleh Soekarno dalam menaklukkan hati Fatmawati yang kebetulan Fatmawati merupakan seorang pemimpin Muhammadiyah.

BACA JUGA:

Disaat itu Soekarno sebagai muridnya Fatmawati perkenalan mereka hanya sebatas murid dan guru, singkat ceritanya muncullah perasaan suka dari Soekarno dengan alasan menikahinya bukan karena Fatmawati cantik akan tetapi Seokarno ingin mempunyai anak kandung.

Sebab pada pernikahan 20 tahun ini dia belum dikarunia keturunan.

Saat Belanda berkuasa Soekarno melawan melalui ucapan dan tulisan dalam pengasingan di bumi Raflesia.

Sebagai tahanan tentara Belanda di Benteng Malborough inilah Soekarno menaklukkan presiden kornelis Edward secara kesatria empat mata bersenjata kata-kata.

Kokoh seperti bentangan bukit barisan menjulang melewati batas gunung tertinggi masyarakat kemudian menata cita-citanya mewujudkan kemakmuran.

Hamparan sawah palak siring kemumuh dikelolah sepanjang musim air berlimpah karena hutan terjaga. Petani teguh merawat padi suasana buah kemerdekaan yang diperjuangan. Lintas gerasi ilmu bercocok tanam waris turun temurun berkembang.

Sumber: