Kaya Nilai Sejarah, Legenda Batu Panco Diabadikan jadi Nama Desa di Curup

Kaya Nilai Sejarah, Legenda Batu Panco Diabadikan jadi Nama Desa di Curup

Cagar budaya batu panco di Kecamatan Curup Utara Rejang Lebong.-NIKE/CE-

CURUPEKSPRESS.COM - Legenda sejarah Batu Panco yang cagar budaya nya berada di Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Saat ini diabadikan pemerintah setempat menjadi nama Desa. Penamaan desa ini untuk mengenang nilai sejarah yang ada di cagar budaya batu panco dan perjuangan para leluhur suku rejang.

Bahkan  nama Batu Panco sudah sejak zaman dahulu, yang kala itu desa ini masih menjadi talang, atau masih dengan zaman biku dan dan pesirah jaman dahulu. 

BACA JUGA:

Sebagai bentuk penghormatan dan tidak melupakan cagar budaya dan sejarah maka desa ini dibukukan dengan nama Desa Batu Panco, dan agar lebih dikenal dan mudah diingat,l. Dengan nama ini juga cerita legenda adanya batu juga bisa menjadi cerita turun temurun oleh masyarakat sekitar, yang kebanyakan masih dihuni suku asli Rejang.

Informasi terhimpun curupekspress.com kurang lebih sejarah yang tercatat dalam buku desa, yakni dahulunya ada salah satu putra dari Muning Halus Singo Rano, yang menjadi tokoh utama dari legenda tersebut.

BACA JUGA:

Pada zaman dahulu sekitar tahun 1700 an memiliki dua putra, dengan nama Patei Poyoak Puteak, dan Petei Payoak Puden. Dan dimana pada tahun 1800 saat itu ada 3 talang, setelah itu 1860, 10 sesepuh dari 3 talang ini, sepakat untuk menjadikan desa dengan nama Desa Batu Panco tersebut, dengan mengambil nama dari legenda yang ada.

Terbentuknya desa ini juga sudah ada sejak zaman penjajahan belanda, dulunya desa ini dipimpin oleh Ginde, sebutan untuk Kades di zaman sekarang. Dari zaman tersebut sampai dengan sekarang sudah ada puluhan giden yang menjabat dengan memberikan perubahan pada desa tersebut menjadi lebih baik dari segi perekonomian dan kehidupan, dengan rata - rata berpegang teguh pada nilai budaya dan legenda yang mereka miliki turun temurun.

BACA JUGA:

Sehingga bisa dikatakan, jika masyarakat desa batu panco dahulunya, adalah satu keluarga atau satu garis keturunan dari Muning Halus Singo Rano, yang masuk dalam legenda dari adanya legenda Cagar Budaya Batu Panco. Hingga saat ini desa ini belum berganti nama dan nampaknya tidak akan berganti nama, serta Cagar Budaya Batu Panco, saat ini masih ada di desa tersebut.

Namun sayangnya tidak begitu terawat dan berada di tengah pemakaman umum. Jika ingin menuju lokasi  anda bisa mengambil jalur menuju Kecamatan Curup Utara. Nantinya jika ada gang di sebelah kiri anda bisa langsung masuk, dan jalan 5  menit, anda akan menjumpai gapura nama Desa Batu Panco, dan tidak juah, silakan lihat sebelah kanan, akan ada plang Cagar Budaya Batu  Panco, dengan ciri khas lokasi batu ini berada di tengah pemakaman.

 

 

Sumber: