Aman Jika Terjadi Gempa di Bawah 5 Magnitudo

Aman Jika Terjadi Gempa di Bawah 5 Magnitudo

dok/ce Ilustrasi--

BENGKULU, CURUPEKSPRESS.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, bangunan dan infrastruktur di Provinsi Bengkulu kokoh dan aman untuk gempa hingga kekuatan 5 magnitudo.

Sebab konstruksi bangunan di Bengkulu kuat dan struktur tanah juga cukup stabil sehingga jika terjadi gempa berkekuatan di bawah 5 magnitudo di Provinsi Bengkulu, bangunan tidak akan mengalami kerusakan parah.

BACA JUGA:Ngunjal 358 Liter BBM, 2 Warga Rimbo Pengadang Ditangkap!

BACA JUGA:Polsek Bengko Bina Para Pemuda, Gelar Turnamen Futsal Cup

"Dengan dua faktor tersebut jika terjadi gempa di bawah 5 magnitudo maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Rohidin di Kota Bengkulu, Jum'at 26 Agustus 2022.

Terkait informasi adanya potensi gempa sebesar 8,9 magnitudo dan tsunami setinggi 15 meter, Rohidin meminta kepada masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak panik dan khawatir yang berlebihan.

BACA JUGA:Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Hendra/Ahsan Mulus ke Empat Besar

BACA JUGA:Lagi Pesta Sabu, 3 Warga Lebong Diringkus

Sebab, itu hanya potensi yang akan terjadi dan mudah-mudahan tidak akan terjadi sebab hampir setiap hari di Provinsi Bengkulu terjadi gempa bumi.

"Kemungkinan terjadinya gempa dengan kekuatan 8,9 magnitudo tidak terjadi, sebab setiap hari di Provinsi Bengkulu terjadi dengan kekuatan berkisar 2 hingga 5 magnitudo," ujarnya.

BACA JUGA:Stok Berkurang, Harga Kopi Terus Meroket

BACA JUGA:Launching Inovasi Program Kolase Pro Genting, Ketua PKK RL Beri Apresiasi

Dengan terjadinya gempa dengan kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terjadi terus-menerus sehingga mengurangi terjadinya gempa besar.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar menjelaskan bahwa Provinsi Bengkulu merupakan wilayah yang dilalui oleh rangkaian gunung berapi atau "ring of fire" sehingga berpotensi lebih besar untuk terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang besar jika dibandingkan dengan wilayah lainnya.

BACA JUGA:Anjing Mati Pasca Gigit 7 Warga, Warga Khawatir Terjangkit Rabies

BACA JUGA:Soal Hadiah Bagi Pelapor Judi, Dewan Beri Dukungan ke Polres

"Jika di Bengkulu gempa masyarakat jangan khawatir, malah dengan adanya gempa lebih bersyukur karena gempa terjadi tidak langsung sekaligus tapi secara perlahan-lahan," terangnya. 

 

Sumber: