3 Sekolah Terlibat Tawuran

3 Sekolah Terlibat Tawuran

DOK/POLRES RL Kapolres memberi arahan kepada para pelajar yang diamankan diduga terlibat aksi tawuran yang berujung pada pengrusakan sekolah--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Tawuran antar pelajar terjadi pada Selasa 27 September 2022 malam di Kabupaten Rejang Lebong.

Aksi tawuran tersebut melibatkan pelajaran dari 3 sekolah  di Kabupaten RL masing-masing pelajar dari SMAN 2 RL, SMKN 1 RL dan SMK Pertiwi. 

Sayangnya dari aksi tawuran ini berujung pada pengrusakan fasilitas sekolah.

Mendapati informasi tersebut, Rabu 28 September 2022 dini hari Polres RL bersama Tim Gabungan berhasil mengamankan setidaknya 21 pelajar yang diduga terlibat dalam aksi saling lembar batu ke gedung sekolah. 

BACA JUGA:Mantan Kades Ngaku Wartawan Kena OTT, Ini Kronologisnya

BACA JUGA:Penghapusan TKS Dikaji Ulang

Kapolres RL AKBP Tonny Kurniawan SIK mengatakan, Rabu pagi orang tua dan pihak sekolah dipertemukan di Polres RL guna menyelesaikan persoalan pengrusakan fasilitas sekolah. 

"Dari pertemuan itu, ada beberapa poin kesepakatan yang diambil," ujar Kapolres yang memimpin langsung mediasi tersebut. 

Salah satu hasil kegiatan tersebut, sebut Kapolres yakni pihak sekolah untuk memberikan efek jera dengan cara dipanggil pihak orang tua dari siswa yang sebelumnya diamankan oleh Polres RL. 

"Dimana dalam poin kesepakatan itu juga, dimuat surat pernyataan bahwa siswa yang bersangkutan tidak akan mengulangi perbuatannya," sampainya. 

Sementara itu, kata Kapolres bahwa aksi pengrusakan fasilitas sekolah dengan batu mengenai kaca sekolah tersebut, bermula dari adanya WA Story bahwa akan ada penyerangan. 

BACA JUGA:Pansus I Bahas 2 Raperda

BACA JUGA:Pembacok Teman Terancam 8 Tahun Bui

"Dari wa story, bakal ada penyerangan di fasilitas sekolah. Terkait perihal apa, itu masih kami dalami," katanya. 

SMAN 2 RL Diliburkan

DISISI lain pasca terjadinya aksi tawuran pelajar tersebut, menyebabkan beberapa kaca jendela SMAN 2 RL pecah akibat dilempar batu pada Selasa 27 September 2022 kemarin.

Pihak Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 RL meliburkan sementara para siswanya sampai hari Sabtu 1 Oktober 2022 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Waka Humas SMAN 2 RL Kahanudin SPd, jika tujuan diliburkannya para siswa tersebut agar tidak terjadi aksi tawuran lanjutan karena saat ini suasananya masih panas. Mengingat belum lama ini juga para siswa baru saja melaksanakan mid semester.

BACA JUGA:Mantan Kades Ngaku Wartawan Kena OTT Polisi

BACA JUGA:Bupati Sambut Tim Auditor BPK RI,OPD Dukung Pemeriksaan Secara Kooperatif

"Berdasarkan intruksi kepala sekolah yang sudah disepakati bersama. Dalam beberapa hari ini kami meliburkan para siswa. Hal itu dilakukan agar suasananya dingin terlebih dahulu," ujar Kahanudin.

Dikatakan Kahanudin, disaat para siswa diliburkan. Kepala sekolah juga sedang menindaklanjuti permasalahan tersebut, dan memenuhi panggilan dari pihak Polres RL untuk melakukan mediasi dengan sekolah lainnya yang siswanya juga diduga terlibat tawuran tersebut.

"Kami belum mendapat kabar lebih lanjut berkenaan dengan permasalahan yang ada ini. Karena kepala sekolah kami masih diminta hadir dalam mediasi yang dilakukan pihak Polres. Untuk itu saya belum bisa memberikan info lebih banyak berkenaan dengan hal tersebut. Kalau untuk kaca yang pecah, ada sekitar 3 buah kaca bagian depan dan belakang sekolah yang pecah akibat dilemparin batu," sampainya.

Lebih lanjut Kanahudin juga menyampaikan, jika pihak sekolah nantinya akan memanggil siswa SMAN 2 RL yang diduga terlibat tawuran tersebut untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Harga Eceran BBM di Lebong Tembus 17 Ribu Perliter

BACA JUGA:Harga Eceran BBM di Lebong Tembus 17 Ribu Perliter

Dimana pihak sekolah akan juga memberikan teguran secara langsung kepada para siswa, dan memanggil orang tua yang bersangkutan sebelum menetapkan sanksi apa yang akan diberikan nanti.

"Tentu, agar kejadian ini tidak terulang lagi kedepannya. Kami akan memberikan sanksi kepada siswa yang terlibat tawuran dan merugikan sekolah. Yang jelas sampai saat ini perihal tersebut masih akan didalami dan ditindaklanjuti terlebih dahulu oleh pihak Polres RL," singkatnya.  

Sumber: