Realisasi PAD PBB Kepahiang Over Target

Realisasi PAD PBB Kepahiang Over Target

JONO ANTONI--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Kesadaran masyarakat Kepahiang dalam membayar pajak semakin membaik.

Ini dibuktikan dengan capaian realisasi penerimaan pajak daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang saat ini sudah melampaui target yang telah ditetapkan tahun ini.

Disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kepahiang, Jono Antoni bahwa penerimaan daerah dari PBB yang dibebankan daerah pada pihaknya tahun ini, sebesar Rp 1.409.571.680, sedangkan realisasi yang sudah dicapai sampai dengan Selasa 18 oktober kemarin, berdasarkan pencatatan pada aplikasi Pajak Daerah Kabupaten Kepahiang, sudah mencapai Rp 1.428.591.490.

"Alhamdulillah, kesadaran masyarakat kita untuk membayar pajak sudah mulai tumbuh dan membaik, kurang 3 bulan sisa tahun 2022 ini saja, penerimaan pajak dari PBB kita sudah over target," kata Jono.

BACA JUGA: MTs Negeri 1 Kepahiang Rebut 3 Juara Gelora Nusantara

BACA JUGA: Lelang Randis Lebong, Jadi 5 Paket

Angka tersebut, jelas Jono diharapkan masih terus bertambah.

Selain dikarenakan sisa tahun berjalan masih lebih 2 bulan lagi untuk pihaknya terus melakukan proses penagihan.

Dari 8 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepahiang belum ada satu Kecamatan yang tuntas penagihan dan penyetoran hingga sampai 100 persen. 

"Tentu kami sangat optimis, angka itu akan terus meningkat. Kalau berkaca pada tahun 2021 lalu, kami bisa merealisasikannya sampai dengan angka  Rp 1.596.243.586. Harapan kami tahun ini bisa lebih dari pencapaian 2021," imbuhnya.

BACA JUGA: Usulan DAK Dikbud Rp 44,39 Miliar

BACA JUGA: Curi Puluhan Jenis Rokok, 3 Pemuda Warga Lebong Amen Diringkus

Karenanya sambung Jono, bagian pendapatan pada OPD yang dirinya pimpin saat ini terus melakukan upaya-upaya penagihan sampai pada wilayah-wilayah desa dalam Kabupaten Kepahiang, agar terus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor tersebut.

"Dari 117 desa/kelurahan, hitungan kami baru ada 10 desa/kelurahan saja yang sudah 100 persen menyetorkan PBB nya. Artinya kalau ini terus kita maksimalkan dalam penagihan angkanya akan jauh lebih tinggi dari realisasi yang sudah dicapai saat ini," ujarnya.

10 desa/kelurahan yang telah lunas 100 persen PBB.

Disebutkan Jono diantaranya Desa Kelilik, Tangsi Duren, Mekar Sari, Sido Rejo, Tapak Gedung, Bayung, Sungai Jernih, Kota Agung, Air Raman, Meranti Jaya.

BACA JUGA: Asisten III Kandidat Sekda Benteng

BACA JUGA: Polisi Kepahiang Kejar Bandar Sabu Hingga Palembang

Sedangkan sambung Jono untuk kecamatan dengan realisasi tertinggi PBB diantaranya Kabawetan 74,83 persen, Tebat Karai 66,97 persen, Ujan Mas 66,74 persen, Seberang Musi 52,96 persen, Kecamatan Kepahiang 49,78 persen, Merigi 34,61 persen, Bermani Ilir 32,54 persen dan terakhir Kecamatan Muara Kemumu 31,39 persen.

"Kalau dilihat dari data realisasi perdesa dan kecamatan sampai dengan saat ini, kami sangat optimis capaiannya akan melampaui dari realisasi tahun-tahun sebelumnya," demikian Jono.

Sumber: