Tingkatkan Kompetensi Wartawan, Diskominfo Rencanakan Gelar UKW

Tingkatkan Kompetensi Wartawan, Diskominfo Rencanakan Gelar UKW

IST/CE Kadis Kominfo Kepahiang saat melakukan audiensi dengan Dewan Pers. --

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Guna meningkatkan kompetensi jurnalis (wartawan) yang melakukan yang melakukan liputan di Kabupaten Kepahiang, Dinas Komunikasi dan Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfo Persantik) Kepahiang merencanakan untuk menyelenggarakan uji kompentensi wartawan (UKW).

"Kami belum lama ini melakukan audiensi bersama dengan Dewan Pers (DP). Salah satu hasilnya ada kesepakatan untuk kita menyelenggarakan UKW," kata Kadis Kominforpersantik Kepahiang, Dicky Iswandi ST.

Dijelaskannya, rencana tersebut ditargetkan akan direalisasikan pada 2023 mendatang.

"Sekarang kita akan mencoba menjajaki lembaga mana yang nanti bisa kita ajak kerjasama untuk melaksanakannya. Karena hasil koordinasi kami dengan DP, ada lebih kurang 30 lembaga yang bisa menyelenggarakan UKW termasuk didalamnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)," ujarnya.

BACA JUGA:Lelang JPT Tunggu Assessment

BACA JUGA: CAT PPPK Dilaksanakan di Bengkulu

Selain itu tambah Dicky, pihaknya juga tengah melakukan pendataan terhadap jumlah pekerja jurnalis yang ada di Kepahiang, yang nantinya akan diikutkan pada pelaksanaan UKW tersebut.

Karena menurut Dicky, pihaknya menargetkan pelaksanaan UKW nantinya dapat diikuti seluruh wartawan yang ada di Kepahiang yang selama ini belum mengikuti UKW.

"Kami lihat dulu berapa nanti kira-kira yang akan kita ikutkan sebagai peserta. Karena direncanakan UKW yang nanti dilaksanakan hanya untuk  jenjang Muda dan Madya," ucapnya.

Sementara untuk jenjang Utama, sebut  Dicky, masih dalam pertimbangan pihaknya. Karena menurut Dicky, dari hasil koordinasi pihaknya dengan DP setiap jenjang minimal harus diikuti olah 6 peserta.

BACA JUGA:Spesialis Pencurian Kotak Amal, Terancam 7 Tahun Penjara

BACA JUGA:Jelang HAB, Kemenag Agendakan Rangkaian Lomba

"Kita harapkan dengan adanya UKW yang nanti kita laksanakan akan melahirkan wartawan-wartawan yang kompeten yang dapat menyajikan pemberitaan dan informasi yang mendidik dan membangun untuk Kepahiang dan masyarakat Kabupaten Kepahiang pada umumnya," demikian Dicky. 

Sumber: