5 Sekolah Ini Ditetapkan Jadi Sekolah Penggerak

5 Sekolah Ini Ditetapkan Jadi Sekolah Penggerak

IST/CE Siswa SD 63 Lebong saat mengikuti ujian ANBK beberapa waktu lalu.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Saat ini, di Kabupaten Lebong tercatat baru ada 5 sekolah dasar (SD) yang ditetapkan sebagai sekolah penggerak.

Adapun 5 sekolah tersebut, diantaranya SDN 1 Desa Lokasari, SDN 22 Kelurahan Kampung Jawa, SDN 63 Kampung Muara Aman, SDN 64 Desa Mangkurajo dan SMP N 2 Desa Daneu.

Kepala Bidang Pendidikan Dikbud Lebong Habibi Spd mengatakan kelima sekolah tersebut mulai mengikuti sekolah penggerak sejak tahun 2021 lalu.

"Alhamdulillah, sejak tahun 2021 lalu setiap tahunnya beberapa sekolah di Lebong masuk sebagai sekolah penggerak, meskipun jumlahnya tidak banyak," kata Habibi.

BACA JUGA:Waiting List Haji 1.589 Orang

BACA JUGA:Ada 3 Kasus Stunting di Rimbo Pengadang

Disampaikan Habibi, untuk sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah penggerak itu sebelumnya telah mengikuti seleksi yang di tes langsung oleh Kemendikbud.

Bahkan dengan predikat sekolah penggerak tersebut dipastikan mendapatkan 5 jenis intervensi yang terintegrasi.

Berupa pendampingan konsultatif dan asimetris kepada Pemerintah Daerah, pelatihan dan pendampingan kepala sekolah dan guru, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah.

"Terlebih sekolah yang terdaftar menjadi sekolah penggerak tersebut dengan otomatis akan menerapkan pembelajaran dengan sistem kurikulum merdeka," jelasnya.

BACA JUGA:Meski Baru Merintis, Bus Damri Sudah Angkut Puluhan Penumpang

BACA JUGA:Bupati Minta OPD Segera Percepat Penyerapan Anggaran

Lebih jauh ia menambahkan adapun manfaat dan keuntungan bagi sekolah penggerak tersebut yaitu akan diberikan bantuan tambahan anggaran selain bantuan BOS dari Kementrian Pendidikan.

"Mereka akan mendapatkan bantuan BOS kinerja. Bantuan ini untuk membiayai kegiatan yang berkaitan dengan sekolah penggerak. Seperti mengembangkan SDM pelatihan, workshop, seminar atau lainnya. Kemudian melakukan digitalisasi sekolah misalkan membeli perangkat digital penunjang seperti laptop, komputer maupun LCD," sampainya.

Sumber: